Kamis 27 Jun 2013 15:02 WIB

Menhub: Penerbangan di Udara Pekanbaru Kembali Normal

EE Mangindaan
Foto: Republika/Tahta Aidilla
EE Mangindaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan mengatakan, penerbangan di kawasan Pekanbaru kini sudah kembali normal setelah beberapa hari didera oleh kabut asap akibat kebakaran hutan di wilayah tersebut.

"Untuk (kondisi penerbangan akibat) asap sekarang sudah normal," kata EE Mangindaan di sela Rakor Penyederhanaan Perizinan Investasi di kantor Kementerian Koordinator Perekonomian di Jakarta, Kamis (27/6).

Menurut Mangindaan, saat kabut asap sedang berada dalam puncak-puncaknya hal tersebut sangat mengganggu kondisi penerbangan dari beragam pesawat yang melintas di daerah tersebut.

Bahkan, ujar dia, pernah jarak pandang dalam sepekan terakhir kurang dari 1.000 meter sehingga dinilai dapat berisiko bagi para pilot yang ingin mendaratkan pesawatnya.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan telah meminta kepada seluruh maskapai penerbangan untuk menghindari wilayah udara kontrol Pekanbaru, Provinsi Riau, yang masih pekat diselimuti kabut asap akibat kebakaran hutan. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara telah mengeluarkan 'Notice to Airmen' (NOTAM) No WRRR-80899/13 tentang Peringatan 'Forecast and Raining Maker' sejak 24-30 Juni 2013 pada pukul 08.00-16.00 WIB.

NOTAM adalah pemberitahuan terkait dengan operasi penerbangan yang disebarluaskan melalui peralatan telekomunikasi yang berisi informasi mengenai penetapan, kondisi atau perubahan di setiap fasilitas aeronautika, pelayanan, prosedur atau kondisi berbahaya, berjangka waktu pendek dan bersifat penting untuk diketahui personel operasi penerbangan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement