Kamis 27 Jun 2013 05:13 WIB

Wow, Jutaan Motor Ramaikan Arus Mudik 2013

Pemudik motor (ilustrasi).
Foto: Antara/Puspa Perwitasari
Pemudik motor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA---Mudik lebaran tahun ini diprediksi akan mengalami peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dengan puncak arus mudik antara H-5 dan puncak arus balik pada H+2 lebaran. Namun begitu, penggunaan sepeda motor sebagai transportasi pemudik masih menjadi favorit untuk mudik tahun ini. Bahkan diprediksi jumlahnya akan mengalami peningkatan.

Menteri Perhubungan, EE Mangindaan mengatakan, waktu keberangkatan terpadu pada arus mudik tahun 2013 ini lebih panjang yaitu mulai H-7 atau pada tanggal 8 dan 9 Juli dan arus balik pada H+7. "Itu waktu yang perlu kita persiapkan dalam angkutan lebaran kali ini. Pos komando angkutan lebaran juga kita siapkan di mana puncak arus mudik akan terjadi pada H-5 dan arus balik H+2," katanya, usai Rakor Persiapan Angkutan Lebaran di Kemenhub, Jl Medan Medan Merdeka Utara No 8, Jakarta Pusat, seperti dilansir situs beritajakarta.

EE Mangindaan mengungkapkan, pihaknya juga memprediksi akan terjadi kenaikan pemudik yang menggunakan sepeda motor di seluruh Indonesia. "70 persen pemudik akan menggunakan sepeda motor atau sebanyak 2,7 juta sepeda motor. Untuk itu kami akan berusaha alihkan," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement