Rabu 26 Jun 2013 15:39 WIB

BLSM Tahap I di Depok Selesai Juli 2013

Rep: Alicia Saqina/ Red: Djibril Muhammad
Warga miskin di Kota Depok, Jawa Barat mulai menerima dana BLSM
Foto: mg06/Rahmi Suci Ramadhani
Warga miskin di Kota Depok, Jawa Barat mulai menerima dana BLSM

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Pelaksanaan pembayaran Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) di Kota Depok, Jawa Barat, sudah dimulai sejak Rabu (26/6) ini. Pembayarannya pun sudah berlangsung di beberapa kantor pos yang tersebar di Kota Depok.

Kepala Kantor Pos Pusat Depok Asep Saepul Uyun mengatakan, pelaksanaan pembayaran BLSM ini dilaksanakan secara bertahap. Ia menyebutkan, pelaksanaannya terdiri dari dua tahap. "Pembayaran BLSM tahap I ini targetnya akan selesai sampai akhir Juli 2013," kata Asep, Rabu (26/6), saat ditemui di Kantor Pos Pusat Depok, Jalan Sentosa Raya, Sukmajaya, Depok.

Ia menjelaskan, pembayaran BLSM tahap I kepada warga Depok ini, sesungguhnya hanya berlangsung di empat hari utama pelaksanaan. Tetapi karena bertahap, warga yang mungkin saja berhalangan tak bisa datang langsung sesuai jadwal, setiap kantor pos per wilayah tetap membuka pelayanan pencairan BLSM hingga akhir Juli mendatang.

"Empat hari utama, yaitu mulai dari hari ini 26 Juni sampai Sabtu tanggal 29 Juni 2013," kata Asep.

Kemudian, selanjutnya pembayaran BLSM tahap I ini dibuka kembali di tanggal 1 hingga 3 Juli mendatang. Ia menerangkan, walau berdasarkan jadwal pelaksanaan BLSM tahap I di Depok hanya sampai Rabu (3/7) nanti, tetapi warga yang belum sempat mencairkan dana masih dapat mengambilnya hingga tanggal 31 Juli mendatang.

"Ya walau berdasarkan jadwal seperti itu, tetapi pelayanan tetap. Kami kantor pos setiap harinya untuk pembayaran BLSM, buka mulai pukul 08.00 sampai 17.00 WIB," katanya menerangkan.

Asep mengungkapkan, seandainya masih saja hingga akhir Juli ada warga atau Rumah Tangga Sasaran (RTS) Depok yang belum mencairkan BLSM-nya, maka proses pembayarannya akan dibarengi dengan pelaksanaan pembayaran BLSM tahap II.

"Ya jika demikian, maka pembayarannya digabungkan. Tahap II ini rencana, akan dilaksanakan pada November," katanya.

Sementara itu, untuk melayani pembayaran BLSM pada tahap I ini, Kantor Pos Pusat Depok membuka empat loket. Dua loket untuk verifikasi dan penandatanganan penerima, sedangkan dua loket lainnya untuk proses pencairan dan pengambilan dana BLSM.

Asep menambahkan, pembayaran BLSM tahap I ini merupakan dana bantuan pemerintah yang diterima setiap RTS, untuk periode Juli dan Agustus 2013. "Besarannya per bulan Rp 150 ribu," ucapnya.

Ia juga mengatakan, total seluruh penerima BLSM masyarakat Depok yang pelaksanaannya dilakukan di Kantor Pos Pusat Depok ini ialah berjumlah 30.290 jiwa. Jumlah tersebut hanya lah seperkian saja, dari total keseluruhan warga Depok yang terdaftarkan menerima BLSM sebanyak 41.103 RTS.

"Ini dibagi berdasarkan dua wilayah kerja kami. Sebanyak 10.813 nya dilakukan di Kantor Pos Sawangan, Depok," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement