Ahad 23 Jun 2013 17:22 WIB

Aher dan Netty Mencoblos Pilwakot di TPS Samping Pakuan

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Djibril Muhammad
Pelantikan Aher-Demiz
Foto: Republika/Edi Yusuf
Pelantikan Aher-Demiz

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan beserta istri, Netty Prasetiyani ikut berpartisipasi dalam Pemilihan Wali Kota Bandung periode 2013-2018.

Sekitar pukul 09.00 WIB, dengan berpakaian batik, mereka berdua berjalan bersama dari kediaman resmi menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS) No 1, Kelurahan Babakan Ciamis Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung.

Lokasi TPS tersebut, dekat dengan kediaman resmi Gubernur Jawa Barat, Gedung Negara Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata. Kedua pasangan suami istri ini, harus menunggu beberapa saat sebelum dipanggil ke bilik suara.

Heryawan yang akrab disapa Aher, memperoleh no urut 40 dan isterinya, no 41. Menurut Heryawan, dirinya sebagai warga Kota Bandung berharap pelaksanaan pemungutan suara Pemilihan Wali Kota (Pilwakot) Bandung berjalan lancar, aman dan tertib.

Demikian pula, sebagai Gubernur, sangat berharap pelaksanaan Pilwakot Bandung, memperpanjang catatan prestasi Jawa Barat, yang memiliki tradisi pelaksanaan pemilihan kepala daerah selalu berjalan damai dan berakhir dengan damai pula.

"Mengutip ucapan Mendagri, Jabar kan provinsi dengan tradisi Pilkada yang aman, tertib dan damai. Begitupun dengan Pilwakot Bandung, juga harus lancar, aman dan tertib. Ada riak-riak kecil itu wajar dalam proses demokrasi. Tetapi semuanya harus berada dalam koridor hukum," ujarnya usai mencoblos.

 

Sesaat sebelum meninggalkan lokasi TPS, Gubernur menyempatkan diri untuk menyapa warga. Kemudian, berbincang sejenak sekitar 5 menit dengan beberapa pengurus Rukun Warga di sekitar Gedung Pakuan. Dalam kesempatan tersebut,

Aher menitipkan pesan agar pelaksanaan pemungutan suara berlangsung tertib, aman dan lancar. Ia berharap, partisipasi warga dalam pesta demokrasi pemilihan Walikota Bandung cukup baik.

Itu, bisa menandakan kalau kedewasaan politik warga semakin meningkat. "Saya berharap pemungutan suara berjalan baik tidak ada kendala apapun. Karena semua sudah dipersiapkan jauh hari sebelum pelaksanaan," katanya.

 

Perlu diketahui, sebanyak 1.658.808 hak suara dalam Pilwakot Bandung periode 2013-2018, mulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB, Ahar (23/6) menyalurkan hak pilihnya di 4.118 titik Tempat Pemungutan Suara yang tersebar di 30 kecamatan se-Kota Bandung. 

Sebanyak 8 pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota bertarung ketat mendapatkan suara terbanyak dalam pilkada ini. Ke-8 pasangan calon itu yakni Edi Siswadi-Erwan Setiawan (nomor urut 1), Wahyudin Karnadinata-Tonny Apriliani (nomor urut 2), Wawan Dewanta-Sayogo (nomor urut 3), Moch.Ridwan Kamil-Oded Muh.

Danial (nomor urut 4), Ayi Vivananda-Nani Suryani (nomor urut 5), M.Q.Iswara-Asep Dedy Ruyadi (nomor urut 6), Budi Setiawan-Rizal Firdaus (nomor urut 7), dan Bambang Setiadi-Alex Tahsin Ibrahim (nomor urut 8).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement