Ahad 23 Jun 2013 10:02 WIB

Siswa SD di Banyumas Ikuti Lomba Sains di Bulgaria

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Fernan Rahadi
Lomba Sains (ilustrasi)
Foto: hhmi.org
Lomba Sains (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Siapa menyangka seorang anak dari wilayah kecil di Indonesia bisa berkiprah di dunia internasional. Buktinya, siswa bernama Kinatan Arya Bagaspati, Siswa kelas VI SDN 2 Sokanegara, Kabupaten Banyumas, akan mengikuti Bulgaria International Mathematics Competition (BIMC), 29 Juni 2013 mendatang.

''Kinatan, rencananya akan terbang Bulgaria tanggal 27 Juni mendatang,'' kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas, Wahyu Budi Saptono, Sabtu (22/6).

Ia mengungkapkan, sebelum mengikuti kompetisi matematika di Bulgaria, Kinatan pernah mengikuti berbagai kompetisi matematika internasional lainnya. Antara lain, ikut Taiwan International Mathematics Competition (TIMC) pada tahun 2011 dimana dia mendapatkan medali perunggu, dan India International Mathematics and Science pada bulan Oktober 2012 dengan mendapatkan medali perak.

Sementara setelah ikut kompetisi matematika di Bulgaria, pada bulan Juli 2013, anak dari pasangan Dinar Arya Sena-Dewi Sekarsari tersebiut juga akan diberangkatkan ke Singapura mengikuti lomba International Competition of Mathematics Union yang difasilitasi oleh Klinik Medika Mipa di Bogor.

Kepala SDN 2 Sokanegara, Tri Rudiyanti, mengatakan Kinatan memang merupakan siswa di sekolahnya yang sangat menonjol dalam pelajaran Matematika. ''Kepintarannya di mata pelajaran Matematika memang sudah terlihat duduk di kelas 1. Karena itu, pihak sekolah berupaya memaksimalkan kemampuannya dengan mengikutsertakan ke berbagai lomba nasional dan internasional,'' katanya.

Tri juga mengatakan, adik Kinatan yang bernama Pikatan Arya Bramajati dan masih duduk di Kelas IV  SD yang sama, juga menunjukkan prestasi yang sangat menonjol di pelajaran Matematika. ''Karena itu, pada adik Kinatan kita juga akan mengoptimalkan kepandaiannya dengan mengikutsertakan di berbagai lomba,'' ujarnya.

Terkait dengan rencana keberangkatan Kinatan ini, yang bersangkutan telah diterima Bupati Banyumas Achmad Husein di ruang kerjanya. Dalam kesempatan itu, Bupati berpesan agar Kinatan selalu berdoa agar diberikan kemudahan dan keselamatan.

''Jaga nama baik Indonesia, Jawa Tengah dan khususnya Kabupaten Banyumas, tularkan kepandaian yang dimiliki kepada teman-teman yang lain agar bermanfaat, dan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa memenangkan kompetisi,'' katanya.

Ditanya Bupati seputar cita-citanya, Kinatan mengaku belum memilikinya. Warga Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur itu hanya menyatakan, ingin mendapat keselamatan di dunia dan akhirat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement