Rabu 19 Jun 2013 15:47 WIB

Pecandu Narkoba Didominasi Anak Muda

Pecandu narkoba (ilustrasi).
Foto: axisresidentialtreatment.com
Pecandu narkoba (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagian besar penyalahgunaan narkoba didominasi kalangan muda yang masih produktif, yakni antara usia 25-55 tahun.

Direktur Kerja Sama BNN, Charles Victor Sitorus mengatakan, saat ini banyak beredar zat adiktif yang terbuat dari bahan alami maupun sintesis, namun sebagian besar yang beredar merupakan bahan sintesis. Zat terlarang tersebut baru dipakai kalangan jetset di Indonesia, namun diyakini sudah dikenal luas di sejumlah negara, di antaranya Singapura dan Amerika Serikat. Efeknya hampir sama dengan ekstasi dan menimbulkan ketergantungan.

Jenis narkoba baru itu merebak setelah artis Raffi Ahmad bersama rekan lainnya ditangkap. Belakangan diketahui, barang bukti yang ditemukan belum terdaftar dalam UU Nomor 35 tahun 2009 tantang Narkotika sehingga presenter dan pemain film itu akhirnya dibebaskan pada Sabtu (27/4).

BNN saat ini tengah menjalin kerja sama sedikitnya dengan 100 instansi di Tanah Air untuk memberantas peredaran narkoba di antaranya maskapai penerbangan, Mabes Polri, Departemen Kesehatan, Bea Cukai, Imigrasi, Departemen Perhubungan, hingga BPOM.

Sementara itu, terkait penyalahguna narkoba di Pulau Dewata, Kepala BNN Provinsi Bali, I Gusti Budiarta menyatakan bahwa dari 55 ribu pengguna, baru 560 yang melapor berdasarkan penelitian tahun 2012.

"Di Bali para pengguna masih berusia produktif. Sedangkan yang abru melapor baru 560 orang dari sedikitnya 55 ribu penyalahguna," ujarnya usai pelaksanaan Forum Diskusi 'Indonesia Darurat Narkoba' di Sanur, Denpasar, Rabu (19/6).

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement