Ahad 16 Jun 2013 15:53 WIB

PWI Yogyakarta Gelar KLW dan UKW

Rep: Heri Purwata/ Red: Djibril Muhammad
PWI
Foto: antara
PWI

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA – Persatuan Wartawan Indonesa (PWI) Cabang Yogyakarta bersama PWI Pusat kembali menggelar Karya Latih Wartawan (KLW) serta Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ke IV. Kegiatan ini dilaksanakan  selama tiga hari, Senin-Rabu (17-19/6).

Dijelaskan Koordinator Pokja PWI Kota Yogyakarta Sunar Handari, KLW digelar sehari, Senin (17/6) di Kantor Sekretariat PWI Cabang Yogyakarta Jalan Gambiran 45 Yogyakarta. Pemateri Ketua PWI Cabang Yogyakarta, Sihono Harto Taruno dan Hudono.

Sedangkan UKW digelar selama dua hari, Selasa-Rabu (18-19/6) di The Sahid Rich Jogja Yogyakarta Jalan Magelang Km 6 Nomor 18 Sleman. "Pelaksaan KLW dan UKW Juni tahun 2013 ini didukung penuh oleh Pemkot Yogyakarta," kata Sunar Handari.

Kedua kegiatan rutin tersebut menjadi bagian dari upaya melatih wartawan, fotografer, jurnalis televisi, radio, media online maupun media massa lainnya agar profesional dalam menjalankan tugasnya. KLW akan dipemaparkan tentang bagaimana menjadi jurnalis yang baik, profesional dan taat dengan Kode Etik Jurnalistik (KEJ).

Sedangkan UKW menjadi bagian penting dalam mencetak jurnalis yang andal dan bertanggungjawab. "KLW menjadi salah satu  bagian syarat untuk mendaftar jadi anggota PWI, sedangkan UKW adalah seleksi wartawan atau jurnalis yang benar-benar profesional dan mampu menjalankan profesinya secara kontinyu," tegas Sekretaris PWI Cabang Yogyakarta Primaswolo Sudjono.

Sampai dengan Sabtu (15/6) peserta KLW yang telah mendaftar sebanyak 13 wartawan, sedangkan UKW mencapai 30 peserta. "Sebenarnya masih banyak yang berminat, namun mungkin ada beberapa kendala teknis di tiap media untuk mengikutsertakan wartawannya mengikuti acara ini. Kami masih menunggu pendaftaran KLW di lokasi kantor PWI," kata Primaswolo.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement