Jumat 14 Jun 2013 20:06 WIB

Jabar Gelar Pesta Perpisahan Dede Yusuf Plus Penyambutan Dedi Mizwar

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Djibril Muhammad
Dede Yusuf
Foto: ANTARA
Dede Yusuf

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ribuan warga Kota Bandung, tumpah ruah Pesta Rakyat yang digelar Pemprov Jabar di Halaman Gedung Sate, Jumat (14/6). Mereka, langsung menyerbu puluhan stand kuliner gratis yang disediakan.

Ada berbagai menu khas Jabar dari tiga zona yaitu Priangan, Cirebon, dan Betawi yang disediakan panitia. Yaitu, mulia dari batagor, tahu gejrot, empal gentong, lontong sayur, soto betawi dan es cendol. Dalam 2 jam saja, seluruh makanan ludes.

"Kalau kemarin kan acara pelantikan di Gedung Merdeka itu formal. Tempatnya terbatas. Makanya dibuat pesta rakyat ini supaya warga bisa ikut," ujar Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.

Pesta rakyat ini menjadi bagian dari rangkaian acara Pisah Sambut Wakil Gubernur Jabar Dede Yusuf. Ada puluhan macam makanan yang disediakan pada stand yang telah disusun di halaman parkir.

Terlihat antrian panjang di masing-masing stand. Baik pejabat, anggota ormas, LSM, mahasiswa, pelajar dan anggota komunitas berbaur bersama.

Dalam acara pesta rakyat ini, Gubernur Jabar juga mencanagnkan Gerakan Konsumsi Buah dan Sayur Lokal. Secara simbolis, Heryawan beserta istrinya didampingi Deddy Mizwar dan istrinya memakan buah lokal.

Heryawan memakan Jeruk Garut, sementara istrinya memakan Pisang Raja Cere. "Selama masih ada buah lokal yang kita punya, enggak usah beli yang dari negara asing," katanya.

Ada sekitar 70 jenis kuliner khas Betawi, Cirebon dan Parahyangan disiapkan masing-masing 2 ribu porsi. Warga pun dihibur dengan berbagai atraksi kesenian khas tiga zona tersebut. Berbagai komunitas, ikut meramaikan acara tersebut. Salah satunya, komunitas onthel yakni pecinta sepeda tua di Kota Bandung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement