Jumat 14 Jun 2013 05:18 WIB

Damkar Bogor Perkuat Penanganan Kebakaran Gedung Tinggi

 Petugas Pemadam Kebakaran berusaha memadamkan api di Gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kuningan, Jakarta Selatan, Ahad (6/1). (Republika/Adhi Wicaksono)
Petugas Pemadam Kebakaran berusaha memadamkan api di Gedung Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Kuningan, Jakarta Selatan, Ahad (6/1). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- UPTD Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bogor menggelar latihan gabungan pemadaman, evakuasi dan penanganan kebakaran di gedung tinggi, Kamis.

"Latihan gabungan ini diikuti Pemadam kebakaran Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Depok," kata Komandan Regu UPTD Pemadam Kebakaran Kota Bogor, Ayub Sukmana.

Latihan gabungan Pemadam Kebakaran Kota Bogor, Kabupaten Bogor dan Depok berlangsung di Plaza Bogor Trade Mall (BTM). Sebanyak 86 personel Pemadam Kebakaran gabungan tiga daerah tersebut dikerahkan.

Latihan menggunakan masing-masing peralatan mobil unit daerah, terdiri dari mobil tangga, mobil unit air, ambulans dan mobil operasional.

"Skenario latihan ini terjadi kebakaran yang dipicu oleh arus pendek di lantai lima, ada beberapa korban yang terluka di atas lantai," kata Ayub.

Sebelum penanganan kebakaran oleh petugas pemadam kebakaran. Diperlihatkan penanganan awal pemadaman kebakaran oleh tim penanggulangan kebakaran pengelola BTM.

Menurut Ayub, seiring meningkatnya jumlah gedung-gedung tinggi, diperlukan kemampuan lebih para petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan api. Ia mengatakan, sejauh ini penanganan kebakaran di gedung tinggi tidak terlalu menyulitkan. Karena petugas telah dibekali kemampuan dalam hal itu.

"Selain itu, gedung-gedung tinggi ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas penanganan kebakaran seperti "fire alarm", tangga evakuasi dan jalur darurat," katanya.

Sementara itu, menurut manajer pengelola BTM, kegiatan latihan gabungan tersebut juga diisi dengan pembekalan kepada petugas keamanan BTM dalam penanganan awal kebakaran.

"Pembekalan ini sangat penting bagi kami dalam menangani kebakaran agar tidak meluas sehingga meminimalisasi kerugian," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement