Rabu 12 Jun 2013 15:16 WIB

Ansyaad Mbai: Poso Daerah Basis Teroris

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Mansyur Faqih
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai
Foto: Antara
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Ansyaad Mbai

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Aksi terorisme yang kerap terjadi di Poso membuat daerah tersebut dinilai menjadi basis terorisme. Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Ansyaad Mbai.

Menurutnya, Poso merupakan basis terbaru aksi terorisme.

"Bukti Poso sudah menjadi basis baru terorisme adalah para teroris sudah berhasil mempengaruhi komunitas-komunitas tertentu di daerah tersebut. Demo kemarin itu yang memblokir jalan, itu buktinya," katanya dalam pelatihan antiteror di Yogyakarta.

Ia menambahkan, masyarakat Poso telah terprovokasi oleh teroris. "Kenyataannya kalau ada satu komunitas yang ditangkap, komunitas itu ramai. Itu karena mereka sudah menguasai komunitas itu," tambahnya.

Ansyaad mengatakan sebelumnya terdapat kelompok teroris yang berusaha membentuk basis di Aceh. Namun, telah berhasil digagalkan meski pun banyak teroris yang lolos. 

"Pada 2010 mereka mencoba bentuk basis di Aceh tapi gagal dan banyak yang lolos. Halaqoh itu kelompok kecil yang kumpul di Aceh tapi gagal," jelasnya. 

Menurutnya, para teroris memberikan pelatihan di Poso dan melakukan aksinya di daerah sekitar seperti Makasar dan Poso. 

Untuk mencegah terorisme di berbagai provinsi, BNPT memberikan pelatihan antiteror. Sehingga, diharapkan seluruh komponen masyarakat berperan untuk mencegah terorisme.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement