Selasa 11 Jun 2013 19:49 WIB

Bajaj Swedia Ingin Ubah Lingkungan Jakarta

Rep: Lida Puspaningtyas / Red: Mansyur Faqih
Zbee
Foto: Clean Motion
Zbee

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah kendaraan listrik ramah lingkungan asal Swedia, Zbee siap diuji coba di Indonesia, Rabu (12/6). Zbee merupakan sebuah kendaraan roda tiga sejenis bajaj yang diproduksi oleh perusahaan Clear Motion dari Indonesia.

Pemerintah DKI Jakarta telah menunjukan antusiasmenya terhadap Zbee dan akan melakukan test drive esok. Produksi percontohan akan mulai dilakukan oleh PT Lundin Industry, Banyuwangi, Jawa Timur pada Agustus mendatang.

Potensi pasar diperkirakan sebanyak 100 ribu kendaraan per tahun. Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Ewa Polano mengatakan teknologi ramah lingkungan ini akan berguna untuk Indonesia.

"Zbee mempunyai kemampuan untuk mengubah lingkungan Indonesia menjadi lebih baik," ucapnya, Selasa (11/6).

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama dan Polano akan melakukan uji coba berkendara di area gedung pemerintahan DKI Jakarta.

CEO Zbee, Goran Folkesson mengatakan kendaraan itu memiliki tingkat keamanan tinggi, tanpa suara dan tanpa asap knalpot. "Minim polusi," kata dia. 

Kendaraan ini memiliki berat 230 kilogram. Dengan jarak tempuh 50 kilometer, kapasitas empat orang dengan kecepatan 43 km/jam. Karena merupakan kendaraan listrik, konsumsi energinya 4 kWh/100 km dan biaya PLN Rp 40/km. 

Zbee perlu diisi ulang selama tiga jam untuk penggunaan 15 kilometer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement