Sabtu 08 Jun 2013 19:52 WIB

Sekelumit Kisah Perjalanan Hidup Almarhum Taufiq Kiemas

Rep: Erik Purnama Putra/ Red: Nidia Zuraya
Ketua MPR Taufiq Kiemas
Foto: Republika/Prayogi
Ketua MPR Taufiq Kiemas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Taufiq Kiemas lahir di Jakarta pada 31 Desember 1942, dan menyandang gelar Datuk Basa Batuah lantaran berdarah Minangkabau, Sumatra Barat. Semasa mahasiswa, Taufiq muda menjadi anggota Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Pada Maret 973, Taufiq menikah dengan Megawati Soekarnoputri.

Awal karir politiknya dimulai saat ia memutuskan untuk bergabung bersama Partai Demokrasi Indonesia (PDI) yang didirikan oleh sang istri. Pada tahun 1992, Taufiq terpilih sebagai anggota DPR/MPR.

Tumbangnya Orde Baru mengangkat karier politik Taufiq hingga mengantarkan Megawati menjadi presiden RI kelima pada 23 Juli 2001. Pada 3 Oktober 2009, Taufiq terpilih sebagai ketua MPR.

Dua tahun terakhir kondisi kesehatan ayah dari Puan Maharani ini menurun. Pada 17 Desember 2011, Taufiq sempat menjalani operasi pergantian baterai alat pemacu jantung di RS Harapan Kita.

Pada 10 Maret 2013, Taufiq meraih doktor honoris causa dari Universitas Trisakti terkait gagasan Empat Pilar Kebangsaan yang digagasnya. Pada Sabtu (8/6) petang, Taufiq meninggal di Singapura dalam usia 70 tahun.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement