Senin 03 Jun 2013 22:32 WIB

Puting Beliung Rusak 16 Rumah Warga di Tasikmalaya

Rumah yang hancur akibat angin puting beliung (ilustrasi).
Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Rumah yang hancur akibat angin puting beliung (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Sebanyak 16 rumah warga rusak akibat terjangan angin puting beliung disertai hujan deras melanda Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (3/6).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tasikmalaya, Kundang Sodikin, mengatakan ada 15 rumah rusak ringan dan satu rumah rusak berat melanda permukiman Kampung Lewibodas, Desa Santanamekar.

"Tidak ada korban jiwa, semua selamat, hanya kerugian materi akibat kerusakan rumah yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah," kata Kundang.

Ia mengatakan, angin puting beliung berlangsung cukup cepat menyapu sebagian material bangunan atap rumah dan genting, sekitar pukul 14.30 WIB.

Peristiwa itu, kata Kundang, sempat membuat warga yang rumahnya rusak, panik berhamburan keluar rumah mencari perlindungan ke tempat yang lebih aman. "Semua warga kampung disana sempat panik keluar rumah mencari tempat aman, untungnya saat kejadian itu tidak ada warga yang terluka," katanya.

Sementara itu, rumah warga yang mengalami kerusakan bagian atap atau gentingnya terlepas mulai diperbaiki warga secara gotong royong dan masih bisa ditempati kembali.

Sedangkan satu rumah milik keluarga Johan yang ditempati bersama istrinya itu, sebagian besar bangunan rumah permanennya ambruk sehingga tidak dapat ditempati. "Sekarang pasangan suami istri itu mengungsi ke rumah tetangganya karena rumahnya tidak bisa ditempati lagi," kata Kundang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement