Senin 03 Jun 2013 19:08 WIB

Profesi Apa yang Diminati Pencari Kerja?

Para pencari kerja melihat informasi lowongan kerja pada sebuah bursa kerja.
Foto: Antara/M Agung Rajasa
Para pencari kerja melihat informasi lowongan kerja pada sebuah bursa kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Bila didaftar mungkin ada ratusan lowongan kerja tersedia di internet. Pertanyaannya, pekerjaan bidang apa yang paling membutuhkan tenaga kerja dan yang diminati pelamar kerja.

Country Manager Jobstreet Indonesia, Faridah Lim mengungkap dari sekian banyak lowongan kerja sekitar 19 persennya merupakan bidang sales. Terbanyak kedua Finance dan Perbankan, sekitar 18 persen dan ketiga, Human Resource Development (HRD), sekitar 15 persen).

"Yang menarik, justru bidang sales kurang diminati pencari kerja," ungkap dia di Jakarta, Senin (3/6).

Menurut Farida, bidang sales kurang diminati lantaran pekerjaan ini dianggap kurang bergengsi. Identik dengan pekerjaan lapangan, gaji kecil dan kerja berat.

Sementara, sebagian pencari kerja menginginkan bekerja di ruang ac dengan gaji lumayan.

"Padahal sales itu kalau di Barat, pekerjaan yang paling diminati. Karena kebanyak dari mereka yang sukses mengawali karir sales," ungkapnya.

Melihat gejala ini, kata Faridah, banyak perusahan selanjutnya memodifikasi nama sales dengan nama lain seperti marcomm (marketing communication) atau marketing.

Ditanya, bidang apa yang paling diminati pelamar kerja, Faridah mengungkap Marcomm dan Costumer Service jadi favorit. Alasannya, untuk Marcomm, bidang ini dianggap menarik dan bergengsi. Khusus costumer service, bidang ini dianggap lebih baik ketimbang sales.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement