Rabu 29 May 2013 06:09 WIB

Pil KB Pria Siap Diproduksi

Produksi Obat Indofarma
Foto: Antara
Produksi Obat Indofarma

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pil kontrasepsi keluarga berencana (KB) bagi kalangan pria akan diproduksi secara massal mulai tahun 2014. Pihak yang akan memproduksinya adalah PT Indofarma (Persero).

 

"Pada tahap awal obat pil KB diproduksi untuk keperluan BKKBN, selanjutnya akan dijual secara langsung dan bahkan untuk mengisi pasar ekspor," kata Direktur Utama Indofarma Elfiano Rizaldi, usai mengikuti Rapat Koordinasi Pengembangan Hasil-hasil Riset Universitas Airlangga dengan Kementerian BUMN di Jakarta, Selasa (28/5).

Rapat yang diikuti tujuh profesor dan para peneliti Unair tersebut diikuti Menteri BUMN Dahlan Iskan. Menurut Elfiano, untuk memproduksi pil KB pria tersebut pihaknya bekerja sama dengan Unair.

Pil KB pria ini merupakan hasil riset peneliti Unair Prof Bambang Prajogo, yang sekaligus menjadi pemegang lisensi produksinya. Adapun bahan dasar obat kontrasepsi tersebut dibuat dari ekstrak daun gendarusa atau "justicia gendarussa burm", yang merupakan tanaman perdu asal Australia.

Ia menjelaskan masih menghitung skala bisnis dari produksi pil KB pria tersebut terutama terkait investasi pengembangan tanaman gendarussa. "Obat ini akan kami masukkan dalam kategori pengembangan obat herbal Indofarma," ujarnya. Ia menambahkan, pihaknya siap mengembangkan tanaman gendarussa yang berlokasi di wilayah Cibitung.

Sementara itu, Bambang Prajogo penemu obat pil KB pria tersebut mengatakan, obat pil KB tersebut sudah melalui uji klinis berkali-kali sehingga sudah siap diproduksi. Pada kesempatan itu, dosen Unair ini pun menjelaskan bahwa selain sebagai kontrasepsi, obat pil KB ini juga dapat meningkatkan libido pria.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement