Senin 20 May 2013 23:33 WIB

Menakertrans: Longsor Freeport di Luar Dugaan, karena K3 Paling Baik

Rep: Esthi Maharani / Red: Djibril Muhammad
Menakertrans RI, Muhaimin Iskandar (kanan),
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Menakertrans RI, Muhaimin Iskandar (kanan),

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhaimin Iskandar mengaku heran dan cukup terkejut dengan adanya musibah longsor yang membuat puluhan pekerja terjebak di Goozen Under Ground.

Sebab, PT Freeport Indonesia diketahui memiliki keselamatan dan kesehatan kerja (K3) yang dianggap paling baik. "Freeport ini dalam pengawasan kita. Termasuk dalam K3 yang paling baik. Ini sungguh diluar dugaan," katanya, Senin (20/5).

Ia mengatakan dalam kaca mata pemerintah, Freeport termasuk yang paling disiplin dalam hal K3. Oleh sebab itu, musibah yang terjadi cukup mengejutkan. Tetapi, proses investigasi tetap dilakukan untuk mengetahui secara detail penyebabnya.

Sampai saat ini, ia melanjutkan, pemerintah dan pihak terkait masih berupaya mengevakuasi korban yang masih berada di bawah reruntuhan. Tak hanya itu, Kemenakertrans juga meminta agar Kementerian ESDM bisa lebih proaktif.

"Kita minta kementerian ESDM untuk lebih proaktif lagi karena kementerian ESDM yang bisa mengaudit dalam kapasitas pelaksanaan tambang," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement