Ahad 19 May 2013 23:27 WIB

Warga Bandung Barat Pilih Kepala Daerah

Rep: Rina Tri Handayani/ Red: M Irwan Ariefyanto
Pilkada (ilustrasi)
Foto: IST
Pilkada (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,NGAMPRAH -- Warga Kabupaten Bandung Barat (KBB) melakukan pencoblosan untuk memilih calon kepala daerah, Ahad (19/5). Ketua Panitia Pemungutan Suara TPS 04 Desa Pagerwangi Kecamatan Lembang Eman Sulaeman mengatakan partisipasi masyarakat dalam memilih calon bupati lebih tinggi dibanding saat pemilihan gubernur Jawa Barat sebelumnya. ''Lebih tinggi sekarang,'' ujarnya, Ahad (19/5).

Di TPS terdapat 509 Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dari jumlah tersebut yang menggunakan hak pilihnya sebanyak 411 orang, 194 laki-laki dan 217 wanita. Sehingga, kesadaran untuk menggunakan hak suara memilih pemimpin daerah untuk periode 2013-2018 semakin meningkat.

Sementara itu, di TPS 04 merupakan tempat calon wakil bupati nomor urut satu dari jalur independen Kusna Sunardi menyalurkan aspirasinya. Namun, Kusna harus mengakui keunggulan perolehan suara pasangan petahana, Abubakar yang berpasangan dengan Yayat Soemitra. Abubakar memperoleh suara 211 sedangkan Kusna yang berpasangan dengan Panji Tirtayasa hanya mendapat 61 suara. Kemudian, pasangan nomor urut dua mendapat 18 suara, pasangan nomor tiga mendapat 21 suara, dan nomor empat mendapat 89 suara.

Di KBB terdapat 2.875 TPS dengan total DPT 1.148.246 orang. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) KBB Asep Mamat mengaku belum bisa memberikan informasi terkait presentasi partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak suara. Dia mengatakan baru bisa jelas setelah pukul 18.00 WIB karena masih dilakukan perhitungan. ''Belum tahu persis, belum ada gambaran,'' kata dia.

 

Selain itu, berdasarkan pantauan, pemungutan suara berjalan lancar. Di TPS 08 Kampung Sukamenak Kecamatan Lembang, panitia pemungutan suara mengenakan pakaian adat khas Sunda. Panitia Pemungutan Suara, Nano mengatakan berpakaian khas Sunda merupakan inisiatif dari RW yang menunjukkan sebagai orang Jawa Barat asli. ''Membudayakan adat istiadat,'' ujarnya.

Sementara itu, pihaknya mengaku tidak terdapat masalah dalam hal logistik. Semuanya siap dan surat suara tidak ada yang rusak. Pencoblosan dimulai pukul 07.00 WIB dan berakhir pukul 13.00 WIB untuk langsung dilakukan perhitungan suara.

Terdapat lima pasangan calon yang berebut menjadi nomor satu di KBB. Pasangan nomor satu yaitu Panji Tirtayasa dan Kusna Sunardi, pasangan nomor dua Aep Nurdin dan Kosasih, pasangan nomor tiga Djamu Kertabudi dan Agus Yasmin, pasangan nomor empat Erni R Ernawan dan Samsul Ma'arif, dan pasangan nomor lima Abubakar dan Yayat T Soemitra.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement