Jumat 17 May 2013 12:30 WIB

Elpiji Langka, Warga Mulai Gunakan Arang

Pekerja memindahkan tabung gas elpiji 3 kg ke dalam gudang.
Foto: Republika/Wihdan Hidayat
Pekerja memindahkan tabung gas elpiji 3 kg ke dalam gudang.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Sejumlah warga Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung menyatakan mulai beralih menggunakan kayu bakar dan arang untuk memasak, karena makin sulit mendapatkan elpiji dalam tabung isi tiga kilogram.

"Sudah sebulan ini di desa kami sulit untuk mendapatkan gas isi tiga kilogram, terpaksa kami pakai kayu bakar untuk memasak," kata Tumirem, di Desa Harapan Jaya, Kapubaten Pesawaran, Jumat (17/5). Dia mengatakan kesulitan mendapatkan gas dalam tabung isi 3 kg tersebut tidak hanya dirasakan dia dan sejumlah warga desanya, tetapi juga dialami warga desa tetangganya.

Sedangkan Siti (62 tahun), warga Bandar Lampung merasakan kesulitan mencari tabung yang berisi gas ukuran 3 kg sejak tiga hari terakhir. "Sebelumnya memang sudah sulit mendapatkannya, dan harganya juga mahal, tapi ya masih ada yang menjualnya. Tapi sudah tiga hari ini saya tidak memasak karena gas habis dan sulit mendapatkannya lagi."

Siti berusaha menggunakan bahan bakar alternatif lainnya seperti arang, namun ia mengaku kesulitan juga mendapatkan minyak tanah. Pada Jumat pagi, sejumlah warga di Kecamatan Kemiling dan Kecamatan Waydadi Bandar Lampung terlihat berbondong-bondong keluar rumah berkeliling mencari tabung gas isi 3 kg.

PT Pertamina bersama pemerintah daerah di Lampung telah menggelar operasi pasar gas di sejumlah titik yang bertujuan untuk mengantisipasi kelangkaan gas dalam tabung tiga kilogram. Pertamina menggelar operasi pasar untuk mengatasi kelangkaan gas tiga kilogram sebanyak 54.320 tabung gas di seluruh Lampung.

Meski OP elpiji telah digelar, gas itu tetap sulit didapatkan, dan harganya makin melangit. Harga normal gas dalam tabung isi 3 kg adalah Rp 15.000 - Rp 16.000, namun kini harganya sudah mencapai Rp 30.000 per tabung, bahkan di beberapa kabupaten di Lampung warga setempat mengaku harus membeli gas ukuran 3 kg Rp 35.000-Rp 40.000 per tabung.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement