Kamis 16 May 2013 14:15 WIB
Pilkada Temanggung

Tunanetra Disediakan Surat Suara Braille

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: M Irwan Ariefyanto
 Penyandang tuna netra menggunakan hak pilihnya
Penyandang tuna netra menggunakan hak pilihnya

REPUBLIKA.CO.ID,TEMANGGUNG -- Tak usah khawatir Tunanetra tak mendapatkan hak pilih. Di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Temanggung, Komisi Pemilihan Umum (KPU) daerah menyediakan surat suara braille. ''Saat pencoblosan nanti, disetiap TPS akan disediakan surat suara tambahan template dengan huruf braille agar para penyandang tunanetra tetap bisa melaksanakan hak pilihnya dengan baik dan benar,'' ujar Arimurti Hendro Wardani, Komisioner KPUD Temanggung, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Pengembangan SDM di Temanggung.

Menurut Arimurti, karena di Temanggung akan diadakan dua hajat politik yang bersamaan selain pilbup juga pemilihan gubernur (pilgub) Jateng, maka ada dua suart suara dengan ukuran berbeda. ''Tata cara pemilihan bagi tunanetra tidak jauh berbeda dengan yang umum, hanya ada tambahan template sebagai alat bantu pencoblosan kertas suara,'' tuturnya.

Menurut Arimurti, nama dan nomer urut menggunakan huruf braille, kemudian pada setiap gambar ada lubang khusus untuk memudahkan penyandang tunanetra melakukan pencoblosan. ''Kami telah melakukan sosialisasi dan kami tekankan pada tatacara pencoblosan dan pengenalan tiga pasangan cagub dan lima pasangan cabup,'' katanya.

Kepala Balai Rehabilitasi Sosial Penganthi Temanggung, Sarjimo menyambut baik adanya sosialisasi pilgub dan pilbup bagi penyandang tunanetra. ''Kami berharap para tunanetra bisa memahami semua pasangan cagub dan cabup dan dapat memilih dengan hati nurani,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement