Kamis 16 May 2013 11:10 WIB

Pro dan Kontra Penghapusan Ujian Nasional SD

Rep: Halimatus Sa'diyah / Red: Citra Listya Rini
Ujian Nasional
Foto: Republika/ Yasin Habibi
Ujian Nasional

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memutuskan untuk menghapus Ujian Nasional (UN) tingkat Sekolah Dasar (SD) mulai tahun ajaran 2013/2014. Demi menyukseskan wajib belajar sembilan tahun.

Langkah pengahpusan UN tingkat SD ini ternyata menuai pro dan kontra di kalangan guru. Salah satu guru di SDN 01 Bendungan Hilir Jakarta Pusat, Astholani mengaku tidak setuju dengan penghapusan UN tingkat SD tersebut.

Menurut dia, adanya UN berdampak positif bagi anak agar terbiasa menghadapi ujian sejak kecil. Astholani mengatakan jika anak sudah terlatih menghadapi tantangan, dia akan tahan uji kemudian hari.

"Kalau tidak ada UN kewibawaan pendidikan juga akan hilang," kata Astholani yang telah menjadi guru selama 30 tahun ini di Jakarta, Kamis (16/5). 

Adanya UN, anak akan lebih giat belajar. Sebab, ada standar nilai yang harus mereka penuhi. Selain itu, Astholani mengatakan jika tidak ada UN, maka siswa masih harus mengikuti tes lagi untuk masuk ke SMP. Padahal, seharusnya anak bisa menggunakan nilai UN untuk mendaftar ke sekolah favorit. 

Bersilang pendapat dengan Astholani, guru dari SDN 03 Bendungan Hilir, Azizah, justru setuju dengan penghapusan UN tingkat SD. Menurut dia, tidak adil jika hanya tiga mata pelajaran saja yang diujikan dalam UN. Sementara, siswa selama enam tahun sekolah mempelajari banyak pelajaran.

"UN juga bukan jaminan karena rawan kebocoran. Jadi tidak bisa digunakan sebagai standar kelulusan," ujar Azizah. 

Ia mengatakan untuk mendaftar ke SMP, siswa bisa menggunakan nilai akhir pada raport kelas enam mereka. Sehingga tidak perlu lagi mengikuti tes ujian masuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement