Selasa 14 May 2013 17:57 WIB

‘Penyebab Longsor Freeport Harus Segera Diselidiki’

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: Dewi Mardiani
Tambang PT Freeport
Foto: antara
Tambang PT Freeport

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi PAN, Toto Daryanto, mengatakan penyebab longsor Freeport harus segera diselidiki. Sebaiknya Kementerian Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Lingkungan Hidup, dan kepolisian segera membentuk tim untuk menginvestigasi penyebab longsor di Freeport.

Penyebab longsor, ujar Toto, harus diinvestigasi apakah bencana alam atau human error. Ini perlu dilakukan guna mengambil langkah selanjutnya untuk diterapkan kepada Freeport.

Para korban yang tertimbun longsor, terang Toto, harus segera diselamatkan. Mereka juga harus diberi ganti rugi yang layak.

“Tentunya karyawan Freeport itu memiliki asuransi jiwa yang harus dibayarkan. Mereka juga harus mendapatkan pengobatan yang terbaik dari Freeport,” kata Toto.

Dalam insiden empat dari 37 orang yang diyakini terjebak longsor sejak Senin (13/5) ditemukan dalam kondisi selamat. Freeport memperkirakan setidaknya ada 40 karyawan dan pekerja kontrak yang ada di lokasi ketika longsor terjadi.

Berdasar perkembangan terkini, tim evakuasi menemukan dua korban meninggal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement