Jumat 03 May 2013 12:24 WIB

PBB Apresiasi Kemunculan Susno

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: Dewi Mardiani
Mantan Kabareskrim Polri Susno Duadji
Foto: Republika/Yasin Habibi
Mantan Kabareskrim Polri Susno Duadji

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB), BM Wibowo, menyatakan partainya mengapresiasi kemunculan Susno Duadji datang ke Lapas Cibinong. “Ini menunjukkan kalau Susno taat kepada hukum,” katanya saat menuju Lapas Cibinong, Jumat, (3/5).

Namun, ujar Wibowo, kemunculan Susno ini bukan berarti persoalan sudah selesai. Ia akan tetap  menuntut haknya terhadap kebenaran. Kemunculan Susno ini hanya akan menghentikan polemik yang muncul di masyarakat saja.

Susno sendiri, kata Wibowo, muncul kembali karena tujuannya sudah tercapai, yakni memperlihatkan kepada publik betapa bobroknya sistem hukum di Indonesia. Ia berharap dengan terlihatnya sistem hukum yang bobrok, para penegak hukum mau merevisi sistem hukum ini agar menjadi lebih baik.

Menurut Wibowo, Susno selama ini bukan menghilang. Namun hanya menghindar sementara dari kejaran kejaksaan yang proses penangkapannya tidak sesuai hukum. Ini sebuah cara untuk menunjukkan kepada public bahwa peradilan yang dijalaninya tidak normal karena nomor perkaranya saja salah.

Kalau Susno menghilang, lanjut Wibowo, itu pasti untuk selamanya. Kalau hanya sementara pergi, itu namanya menghindar. Saat ini, Wibowo masih dalam perjalanan menuju Lapas Cibinong untuk memastikan keberadaan Susno di tempat tersebut. “Nanti kalau sudah bertemu dengan Pak Susno akan diambil langkah-langkah berikutnya oleh PBB,” katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement