Kamis 02 May 2013 21:51 WIB

Hemat Energi, Pemkot Semarang Bangun PJU 'Solar Cell'

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Djibril Muhammad
Balai Kota Semarang
Foto: wikimedia.org
Balai Kota Semarang

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan menambah Penerangan Jalan Umum (PJU) solar cell atau pembangkit listrik tenaga matahari di beberapa titik.

Kepala Dinas Penerangan Jalan dan Pengelolaan Reklame, Adri Wibowo, mengatakan akan terdapat 20 PJU pembangkit listrik tenaga matahari di Kota Semarang.

"Nanti akan dipasang lagi di 12 tempat, enam PJU di Jalan Tentara Pelajar dan enam PJU di Jalan Prof Hamka. Totalnya ada 20 PJU solar cell nantinya," katanya kepada wartawan, Kamis (2/5).

Adri mengatakan untuk pembangunan PJU tenaga surya tersebut disediakan anggaran sebesar Rp 300 juta.

Sebelumnya, PJU solar cell sudah terpasang di beberapa titik, seperti di depan RS Karyadi sebanyak tiga PJU, tiga PJU di Jalan Imam Barjo, dan dua PJU di komplek balai kota.

Ia menambahkan, untuk pembangunan tiap PJU solar cell tersebut dibutuhkan biaya Rp 25 juta. Pembangunan PJU pembangkit listrik tenaga matahari dilakukan untuk penghematan energi. "PJU tenaga surya dapat menghemat energi dan sebagai bentuk dukungan program go green," katanya.

Namun, biaya perawatan PJU tersebut membutuhkan anggaran yang lebih banyak. Meskipun begitu, ia enggan menyebutkan jumlah biaya anggaran perawatan tersebut. "Anggaran perawatan bukan sekarang, kan itu masih baru," tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement