Senin 29 Apr 2013 19:29 WIB

Sebagian Perusahaan di Medan Libur pada May Day

Unjuk rasa buruh
Foto: Republika/Irfan Abdurrahmat
Unjuk rasa buruh

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Hampir 50 persen dari sekitar 700 perusahaan anggota Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut memiih tidak beroperasi di Hari Buruh (May Day) 1 Mei.

"Dalam pertemuan Apindo akhir pekan lalu, ratusan perusahaan khususnya industri besar menyatakan siap tidak beroperasi pada Rabu saat May Day dengan berbagai alasan khususnya menyangkut keamanan perusahaan dan pekerja," kata Sekretaris Apindo Sumut Laksamana Adiyaksa, di Medan, Senin (29/4).

Untuk menyiasati jangan sampai produksi perusahaan terganggu, pengusaha dan pekerja sepakat mengganti jam kerja yang hilang pada May Day itu.

Diharapkan, pekerja yang melakukan unjuk rasa pada May Day itu juga tidak melakukan sweeping di perusahaan termasuk melakukan hal-hal yang menggangu ketenangan masyarakat umum.

"Sejak awal, Apindo setuju kalau May Day dijadikan hari libur. Jadi ketika tahun ini jumlah perusahaan yang mau meliburkan perusahaannya semakin banyak, asosiasi mendukung," katanya.

Apalagi, kata dia, Pemkot Medan menggelar Peringatan May Day di Lapangan Merdeka Merdeka, dimana pengurus Apindo juga akan hadir bersama jajaran pemerintah dan serikat pekerja. Ia berharap kegiatan peringatan itu berlangsung aman dan tertib.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement