Jumat 26 Apr 2013 20:30 WIB

Jelang Pelantikan Wali Kota Sukabumi, Petugas Gabungan Gelar Istighosah

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Djibril Muhammad

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Jelang pelantikan Wali Kota Sukabumi, seratusan petugas gabungan menggelar istighosah di Kantor Polres Sukabumi Kota, Jumat (26/4). Kegiatan ini berupaya mendoakan agar proses pelantikan yang berlangsung pada 13 Mei mendatang dapat berjalan aman dan lancar.

Peserta istghosah yang berjumlah sekitar seratus orang ini berasal dari unsur Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Sukabumi, Pemkot Sukabumi, dan ormas Islam seperti Front Pembela Islam (FPI).

"Kita berdoa supaya diberikan kondisi aman dan kondusif saat pelantikan," ujar Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Hari Santoso, kepada wartawan seusai acara istighosah.

Sebelumnya, kegiatan serupa dilakukan beberapa hari menjelang pelaksanaan pemilukada Kota Sukabumi pada 24 Februari lalu.Menurut Hari, istighosah dapat menjadi ajang silaturahmi antar elemen masyarakat.

Pasalnya, para peserta istighosah melibatkan unsur pemerintah dan elemen masyarakat.Ditambahkan Hari, semua elemen masyarakat akan dirangkul untuk terciptanya keamanan jelang pelantikan wali kota dan wakil wali kota.

Sehingga pada saat pelantikan nanti tidak timbul gangguan keamanaan yang merugikan masyarakat.Hari mengungkapkan, untuk mengamankan pelantikan Polres berupaya mengerahkan kekuatan semaksimal mungkin.

Bahkan, untuk pelantikan nanti polres akan menyiapkan landasan helikopter untuk kepentingan tamu undangan seperti Kapolda Jabar maupun Gubernur Jabar. Dalam pengamanan nanti, terang, Hari, polisi akan menindak tegas para pihak yang memancing adanya aksi kericuhan saat pelantikan. Terutama, kepada warga yang melakukan provokasi dan aksi kekerasan.

Wali Kota Sukabumi, Mokh Muslikh Abdussyukur menambahkan, ia berharap pelantikan wali kota terpilih nanti dapat berjalan mulus dan tidak ada hambatan yang berarti. "Bila ada masalah dapat disampaikan baik-baik dan diselesaikan dengan duduk bersama," ujar dia.

Muslikh mengatakan, Kota Sukabumi harus aman dalam serah terima jabatan wali kota nanti. Terlebih, saat memimpin selama dua periode lalu kondisi Sukabumi aman dan tidak ada gangguan yang berarti.

Seperti diketahui pemilukada Kota Sukabumi dimenangkan pasangan Muhammad Muraz-Achmad Fahmi. Pasangan yang diusung Partai Demokrat, PKS, dan PKB ini mengalahkan tiga kandidat lainnya.

Sebelumnya Muhammad Muraz merupakan mantan Sekda Kota Sukabumi sementara wakilnya Achmad Fahmi merupakan Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement