Kamis 25 Apr 2013 13:43 WIB

Tiga Provinsi Raih Penghargaan Otonomi Daerah Terbaik

Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi
Foto: Antara/Ismar Patrizki
Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Tiga provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah dan Sulawesi Selatan, meraih penghargaan sebagai daerah otonom terbaik dari Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri), Kamis, pada Peringatan Hari Otonomi Daerah XVII 2013 di Jakarta.

Penghargaan Satya Lancana Karya Bhakti Praja Nugraha diserahkan langsung oleh Mendagri Gamawan Fauzi kepada masing-masing gubernur dan perwakilan gubernur, yaitu Gubernur Jatim Soekarwo, Wagub Jateng Rustriningsih dan serta Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo.

Mendagri menegaskan kembali tujuan otonomi daerah yang mengutamakan pada sistem demokrasi dan kesejahteraan masyarakat. Namun dalam pelaksanaannya, masih ada daerah otonom yang belum berjalan dengan baik dalam prinsip efektivitas dan efisiensi otda.

"Di tengah masyarakat miskin, masih banyak gedung megah dan rumah mewah bagi pejabat-pejabatnya," kata Gamawan di Jakarta, Kamis (25/4)

Oleh karena itu, Pemerintah melalui Kemdagri dan Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) akan mengevaluasi pemanfaatan anggaran pemerintah daerah.

"Dalam waktu dekat, Presiden (Susilo Bambang Yudhoyono,red) meminta UKP4 mengevaluasi anggaran pemerintah daerah," katanya.

Selain tiga provinsi, ada juga 10 kabupaten dan 10 kota yang meraih penghargaan daerah otonomi terbaik untuk 2013.

Ke- 10 kabupaten tersebut adalah:

1. Tuban

2. Tulungagung

3. Jombang

4. Pacitan

5. Purbalingga

6. Semarang

7. Enrekang

8. Sleman

9. Jepara

10. Humbang Hasundutan

Sedangkan ke-10 kota tersebut adalah:

1. Tangerang

2. Madiun

3. Yogyakarta

4. Depok

5. Medan

6. Cimahi

7. Surakarta

8. Mojokerto

9. Tegal

10. Sawahlunto

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement