Kamis 25 Apr 2013 12:27 WIB

Menhut: Ekonomi Hijau Solusi Kerusakan Lingkungan

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: A.Syalaby Ichsan
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan
Foto: Antara
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Untuk mengatasi berbagai permasalahan sosial serta kerusakan lingkungan, konsep ekonomi hijau harus diterapkan. Konsep tersebut sudah diaplikasikan melalui berbagai kebijakan dan program pembangunan dalam berbagai kegiatan.

 

Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mencontohkan, upaya pemanfaatan optimalisasi lahan, moratorium hutan alam, program pelibatan dan pemberdayaan masyarakat.

"Konsep ekonomi hijau diharapkan mampu menciptakan keseimbangan ekonomi, sosial, dan lingkungan,’’ kata dia saat memberi sambutan pada acara hari pembukaan kampus Litbang Kehutanan dan 100 tahun Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kehutanan di Kantor Balitbang, Jalan Gunung Batu, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (25/4) siang.

Dalam konteks pembangunan nasional, ujar dia, beberapa sektor termasuk sektor kehutanan dianggap penting karena bisa menjadi pendorong konsep ekonomi hijau.

Sektor kehutanan dinilai harus dapat mengambil peran yang lebih besar dalam menjaga kelestarian alam dan mencegah kerusakan lingkungan sebagai akibat dari pembangunan.

 

Efisiensi dalam pemanfaatan sumber daya  hutan, menurut Zulkifli, bisa menjadi solusi yang diimplementasikan oleh sektor kehutanan. Dalam hal ini peran Balitbang kehutanan sangat diperlukan.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement