Selasa 23 Apr 2013 22:37 WIB

Begini Politik Dinasti di Tubuh Partai Demokrat

Rep: Ira Sasmita/ Red: A.Syalaby Ichsan
Bendera Partai Demokrat.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Bendera Partai Demokrat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Nama-nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg) yang memiliki ikatan kekeluargaan masih mewarnai Daftar calon sementara (DCS)  beberapa partai politik.

Salah satu partai yang dihiasi nama-nama dengan hubungan kekerabatan adalah Partai Demokrat. "Ada dua Dapil yang diisi anggota keluarga, tiga dapil dari kerabat yang terpisah," kata Ketua Satgas Penjaringan Caleg Partai Demokrat Suaidi Marasabessy, Senin (23/4).

Salah satu Dapil yang diisi oleh anggota keluarga yang sama, menurut Suaidi, adalah Dapil Maluku. Pada Dapil itu, Suaidi dan istrinya sama-sama maju sebagai caleg DPR RI. Suaidi ditempatkan pada nomor urut satu, sementara istrinya pada nomor urut tiga. 

Contoh lainnya, Ketua Dewan Kehormatan Partai Demokrat Amir Syamsudin maju menjadi caleg bersama puteranya, Didi Irawadi Syamsudin. Mereka maju dari Dapil yang berbeda. Amir maju dari Dapil Sulawesi. Sedangkan Didi maju mewakili Dapil Jawa Barat.

Selain mereka, Ketua Harian Partai Demokrat, Syarief Hasan beserta istrinya, Inggrid Kansil juga kembali maju sebagai caleg. Keduanya sama-sama mewakili Dapil Jawa Barat.

Masih dari golongan elite Demokrat, Sekretaris Jendral Edhie Baskoro Yudhoyono, juga maju menjadi caleg. Berlomba dengan pamannya, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Hermanto. Meski keduanya maju dari caleg yang berbeda. Ibas kembali maju dari Dapil Jatim VII, sedangkan Agus dari Dapil Jateng.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement