Senin 22 Apr 2013 23:17 WIB

Kompolnas Akan Panggil Calon Kapolri

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Mansyur Faqih
Kapolri Jenderal Timur Pradopo
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Kapolri Jenderal Timur Pradopo

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menindaklanjuti riuh kabar pergantian Kapolri, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) akan segera memanggil beberapa nama jenderal yang siap direkomendasikan ke presiden. "Kami punya wewenang itu (memanggil pejabat Polri). Kapolri juga sudah setuju tentang rencana ini," ujar anggota Kompolnas Edy Hasibuan di Gedung PTIK Jakarta Senin (22/4).

Namun, Edy mengaku belum dapat mengatakan siapa saja pejabat Polri yang akan dipanggil guna mengetahui kesiapannya menjadi Kapolri. "Nanti saja lihat, Mei kami akan panggil," kata dia.

Pergantian Kapolri tampaknya akan segera dilakukan dalam waktu dekat ini. Setidaknya, ada empat jenderal yang disebut berpeluang. Yaitu Komjen Suparni Parto yang baru tiga pekan menjabat Kabintelkam. Kemudian Kabalemdikpol Komjen Budi Gunawan, lalu Komjen Anang Iskandar yang kini duduk sebagai ketua Badan Narkotika Nasional (BNN). 

Terakhir, calon yang digadang paling kuat ialah Komjen Sutarman yang sekarang menduduki jabatan paling strategis di tubuh Polri, yakni Kabareskrim.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement