Senin 22 Apr 2013 21:42 WIB

Pohon Tua UI Rentan Tumbang, Pengguna Jalan Diminta Berhati-hati

Rep: Alicia Saqina/ Red: Djibril Muhammad
Universitas Indonesia
Foto: Republika/Aditya
Universitas Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Universitas Indonesia (UI) yang terletak di Kota Depok, Jawa Barat, terkenal dengan kawasan konservasi lingkungannya yang hijau. Tak heran, di kampus ini banyak terdapat ribuan pepohonan.

Namun, karena intensitas hujan beberapa hari terakhir ini begitu tinggi, menimbulkan sedikit kekhawatiran. Pohon-pohon tua yang rentan tumbang, banyak terdapat di area kampus yang membawa nama Indonesia menjadi nama kampus favorit negeri ini.

Oleh sebab itu, para pengguna jalan, baik pejalan kaki atau pengendara motor yang bisa memakai jalan-jalan yang berada di dalam kampus UI, diminta untuk berhati-hati saat melintasi jalan setapak. Jalan setapak yang umumnya dilalui ini ialah, jalan yang menghubungi UI dengan wilayah Beji, Depok.

"Apabila terjadi hujan deras disertai angin kencang, kami mengimbau kepada pengendara agar berhati-hati. Lebih baik, tidak melewati jalan setapak itu," ujar Kepala Sub Direktorat Pembinaan Lingkungan UI, Dadan Erwandi kepada Republika, Senin (22/4).

Dadan mengatakan, jika tumbangnya pohon di jalan tersebut memang dipermasalahkan para pelintas, tidak menutup kemungkinan akses jalan setapak itu akan ditutup.

Sementara, ia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah menginventarisasi pohon-pohon tua yang rawan tumbang di pinggir jalan-jalan utama kampus UI. Dadan mengutarakan, memang banyak juga pohon-pohon di lingkungan UI yang telah berumur ratusan tahun.

Oleh sebab itu, UI dan beberapa korporasi pun bekerja sama dalam menanam kembali pohon-pohon tua yang akan digantikan. Akan tetapi, jelas Dadan, penggantian pohon-pohon berumur tua dan rawan tumbang tersebut, nantinya dilakukan secara bertahap. "Satu persatu. Tidak seluruhnya. Kalau begitu, nanti kami yang diprotes," katanya.

Pohon-pohon tersebut akan ditebang. Penebangan, ucap Dadan, terutama diprioritaskan terhadap pohon-pohon yang rantingnya sudah jelas-jelas membahayakan. Rencananya, pohon akan diganti dan ditanami pohon jenis Trembesi dan Jambon.

Dadan mengatakan, proses penanaman dan penggantian ini pun sudah dilakukan mulai awal 2013. Ia juga tidak bisa memastikan secara detail, berapa jumlah pohon tua keseluruhan yang ada di UI. Umur pasti pohon pun, tidak bisa ia tentukan. "Yang pasti banyak lah, pohon-pohon tua di sini. Apalagi pohon karet," katanya.

Koorporasi yang turut menyumbangkan bantuan partisipasi di bidang lingkungan ini, ungkapnya, ialah PT Pertamina. "Bantuan pohon dari Pertamina sekitar 26.000 dan 3.000 pohon dari perusahaan lainnya," kata Dadan.

Sebelumnya, pekan lalu, Rabu (17/4) malam, seorang warga yang melintas di jalan penghubung UI ini, Ofenia, tewas tertimpa pohon. Warga yang diketahui tinggal di Depok Alam Lestari RT 03 RW 14, Harapanjaya, Cibinong, Bogor, itu tertimpa pohon saat mengendarai motornya.

Dikatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 21.30 WIB. Warga berumur 34 tahun itu, tewas tertimpa pohon saat melintas di jalan setapak yang menghubungkan UI, tepatnya Politeknik Negeri Jakarta, dengan Perumahan Kavling UI, Depok.

Saat kejadian, memang kondisi cuaca tak terlalu baik. Saat itu, hujan deras dan angin kencang tengah melanda wilayah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement