Senin 22 Apr 2013 11:58 WIB

Di Brunei, SBY Hadiri KTT ASEAN

Rep: Esthi Maharani/ Red: Heri Ruslan
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)
Foto: Aditya Pradana Putra/Republika
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bertolak ketiga negara di kawasan Asia Tenggara yakni Singapura, Myanmar, dan Brunei Darussalam. Di Brunei, SBY akan menghadiri  Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-22.

Untuk tahun ini, KTT ASEAN bertema “Our People, Our Future Together.” Dalam keterangan persnya, SBY mengatakan akan mereview kerja sama di kawasan. Namun, yang paling utama adalah persiapan untuk menyambut ASEAN Economic Community di 2015.

“Dalam pertemuan itu, dilakukan review sejauh mana ASEAN siap menghadapi ASEAN Economic Community pada 2015 mendatang,” katanya, Senin (22/4).

Pembicaraan tersebut juga akan digunakan untuk menyakinkan bahwa Indonesia siap memasuki era baru. Tak hanya itu, dalam forum tersebut, SBY juga mengatakan akan memanfaatkan untuk membahas sejumlah isu kawasan seperti Laut China Selatan yang menjadi kepentingan bersama.

Presiden SBY juga dijadwalkan untuk menghadiri KTT ke-9 Brunei-Indonesia-Malaysia-Filipina East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) dan KTT ke-7 Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT).

BIMP-EAGA dan IMT-GT yang merupakan kerjasama sub-kawasan yang melibatkan sebagian dari anggota ASEAN dan terfokus di bidang ekonomi dan pembangunan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement