Kamis 18 Apr 2013 19:19 WIB

Soal Premanisme, Polisi Minta Pemda Sediakan Pekerjaan

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Djibril Muhammad
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto
Foto: Republika/Adhi W
Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Rikwanto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Metro Jaya meminta Pemerintah Daerah (Pemda) agar secepatnya menyediakan lahan pekerjaan. Pengangguran dinilai merupakan cikal bakal tumbuhnya preman.

"Agar aksi premanisme tidak berkembang, Jakarta harus miliki lapangan pekerjaan baru," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Rikwanto, Kamis (18/4).

Rikwanto mengatakan, perampok merupakan kelompok kecil yang sengaja dibuat beberapa orang yang merampas hak masyarakat dan meresahkan. Mereka tidak terbentuk dengan sendirinya. "Ada faktor, tiadanya lahan pekerjaan," kata Rikwanto.

Menurut Rikwanto, alasan mereka menjadi preman adalah sulitnya mencari pekerjaan dan mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup. "Mereka punya kebutuhan yang harus terpenuhi," katanya.

Maraknya aksi premanisme, mengharuskan Pemerintah DKI membuat lahan pekerjaan. Rikwanto menjelaskan, lahan pekerjaan sangat penting untuk menekan angka premanisme. "Secepatnya, agara mereka yang tidak punya kerja, tidak bermetamorfosa jadi preman," Kata Rikwanto.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement