Kamis 18 Apr 2013 16:07 WIB

BPK Paparkan Rencana Audit Lingkungan Dunia di Mesir

Anggota IV BPK Ali Masykur Musa
Anggota IV BPK Ali Masykur Musa

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Ketua Badan Pengawas Keuangan (BPK) RI Hadi Poernomo bersama Ali Masykur Musa memimpin delegasi BPK RI berkunjung ke Kairo, Mesir.

BPK RI berkunjung ke Mesir untuk penyampaian rencana kerja sebagai ketua INTOSAI WGEA kepada Kelompok Kerja Audit Lingkungan se-Afrika.

Dalam paparannya, BPK RI mengungkapkan, amanah menjadi ketua Audit Lingkungan Dunia bukanlah hal yang mudah.

"Permasalahan lingkungan terjadi pada hampir semua negara di dunia. Bukanlah hal yang mudah. Tetapi itu tidak mengurangi komitmen BPK RI untuk menjalankan tugas dengan baik," ujar Ali Masykur Musa, Kamis (18/4).

Guna menjalankan tanggung jawab yang besar itu, Ali Masykur Musa menyatakan bahwa mempunyai strategi untuk mengurai permasalahan lingkungan melalui audit.

"Pertama, kita harus mengembangkan kapasitas auditor melalui pelatihan-pelatihan yang berkualitas,'' ungkapnya.

Kedua, kata dia, kelompok audit sedunia harus sering melakukan sharing pengetahuan dan pengalaman. Misalnya, papar Ali Masykur Musa, BPK telah membuat audit guidance di bidang manajemen hutan dan dijadikan pegangan audit sedunia.

Tujuan dari kedua poin itu, lanjut Ali, adalah terbetuknya pusat informasi data yang bisa diakses secara online dan terbuka.

Jika komunikasi data berjalan dengan baik, kata dia, maka pemeriksaan terkait lingkungan sedunia bisa dilakukan secara efektif dan efisien. Karena data bisa didapat secara mudah, maka pengawasan secara luas bisa dilakukan secara real time.

"Untuk menggalang sinergi global pemeriksaan lingkungan kita membutuhkan data center. Kita harapkan data center itu bisa menjadi semacam Sinergi Internasional Sistem Informasi Lingkungan. Mohon dukungan dari semua pihak agar cita-cita ini bisa terwujud," tuturnya.

BPK akan menjadi Ketua WGEA INTOSAI pada bulan Juni mendatang.

sumber : siaran pers
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement