Selasa 16 Apr 2013 14:50 WIB

Jusuf Kalla: Kopassus Tulang Punggung Negara

Jusuf Kalla (JK)
Foto: Republika/Yasin Habibi
Jusuf Kalla (JK)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, berpendapat Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat merupakan tulang punggung bangsa dan negara Indonesia. Karena itu, Kopassus perlu didukung dengan kondisi apa pun.

"Kopassus menjadi tulang punggung bangsa Indonesia karena dalam sejarah yang ada, semua operasi besar militer selalu melibatkan Kopassus dalam menjaga kedaulatan negara," kata Jusuf Kalla usai menghadiri HUT Ke-61 Kopassus, di Cijantung, Jakarta Timur, Selasa.

Namun demikian, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) ini mengingatkan seorang prajurit pun tetap tidak lepas dari kesalahan. Ini seperti halnya kasus penyerangan Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta yang menewaskan empat orang tahanan.

"Sebagai manusia, kita tidak sempurna. Selalu ada hal-hal yang harus kita selesaikan,'' kata Jusuf Kalla. ''Saya terkesan dengan pernyataan Hendropriyono (mantan Kepala BIN). Secara hukum tentu ada kesalahan, tapi secara moral tentu lain pertimbangannya.''

Ia mengatakan proses hukum untuk oknum anggota Kopassus yang terlibat harus tetap berjalan. Namun, hal itu tetap dengan pertimbangan moral. ''Ini bukan mencari hukuman, tapi mencari keadilan,'' ujar Jusuf Kalla.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement