Senin 15 Apr 2013 21:56 WIB

Diknas Optimistis Peserta UN 2013 Lulus 100 Persen

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Djibril Muhammad
Ujian Nasional tingkat SMA
Foto: Agung Supriyanto/Republika
Ujian Nasional tingkat SMA

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Dinas Pendidikan (diknas) kota Bandar Lampung, optimistis peserta ujian nasional (UN) SMA/ MA/ SMK/ LB 2013 lulus 100 persen. Hal ini terlihat dari hadirnya semua peserta UN pada hari pertama Senin (15/4).

Kepala Diknas kota Bandar Lampung, Sukarma Wijaya, mengatakan pelaksanaan UN tahun ini lebih lancar dan aman dari tahun sebelumnya. "Optimistis siswa Bandar Lampung akan lulus 100 persen," kata Sukarma di Bandar Lampung, Senin (15/4).

Pada 2012, tingkat kelulusan mencapai 99,97 persen naik dari angka kelulusan UN 2011 yang hanya 99,96 persen. Siswa yang tidak lulus pada tahun 2011 sebanyak 21 siswa, kemudian pada 2012 sebanyak 15 siswa.

Pihaknya telah menginstruksikan ke seluruh sekolah untuk mempersiapkan siswanya dengan serius sebelum menghadapi UN tahun ini. Sukarma menambahkan materi untuk UN tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun lalu, sehingga siswa pun dapat mengerjakan seperti tahun sebelumnya.

Dari pemantauan, pelaksanaan UN hari pertama di Kota Bandar Lampung berlangsung aman dan lancar pada hari pertama. Tidak terdapat kekurangan naskah soal atau kerusakan soal. Hingga berita ini diturunkan belum ditemukan adanya kecurangan dalam pelaksanaan UN yang diikuti sebanyak 12.562 siswa.

Kadiknas Sukarma Wijaya mengatakan, pelaksanaan UN tahun ini sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun lalu. Contohnya dalam satu kelas ada 20 siswa, tetapi setiap anak akan menerima naskah soal berbeda. Sehingga, kata dia, potensi kecurangan sangat kecil karena soal yang diterima setiap anak itu berbeda-beda.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement