Ahad 14 Apr 2013 02:58 WIB

Ini Kriteria Capres Ala Hasyim Muzadi

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Mansyur Faqih
KH Hasyim Muzadi
KH Hasyim Muzadi

REPUBLIKA.CO.ID, TMII -- Mantan ketua PBNU Hasyim Muzadi menginginkan capres yang jujur dan bisa diharapkan oleh rakyat. Ini dia katakan setelah ditanya soal penting tidaknya capres 2014 nanti berijazah sarjana.

"Pokoknya presiden itu yang jujur dan bisa diharapkan," Katanya, Sabtu (11/4).

Menjelang pemilihan presiden 2014 nanti, dikabarkan ada revisi mengenai UU Pilres. Sebelumnya, syarat minimal capres adalah setingkat SMA. Namun beberapa fraksi meminta Badan Legislasi DPR agar mengubah persyaratan minimal menjadi lulusan S1.

Hasyim mengatakan, sekarang masyarakat itu merasa dipermainkan di mana-mana. Jadi perlu orang yang jujur, tegas dan bekerja untuk bangsa. Bukan memperkerjakan bangsa itu untuk diri dan keluarganya.

"Ini yang dibutuhkan oleh bangsa kita," Kata Hasyim

Hasyim mengaku tak tahu siapa orang dengan kriteria tersebut. Hanya saja, kristalisasi pemimpin itu masyarakat yang membentuk dan menentukan. "Bukan oleh kita," papar dia.

Masyarakat sekarang mendambakan pemimpin yang jujur dan tegas, yang satu kata dengan perbuatan. Pemimpin yang bekerja untuk Indonesia. Bukan menyetor Indonesia kepada orang asing. 

Jika tokoh seperti ini muncul, pasti langsung disambut oleh masyarakat. "Tapi, saya gak tahu orangnya, karena itu bukan saya yang menjadi juri," Katanya sambil tertawa.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement