Rabu 10 Apr 2013 18:54 WIB

Yuk, Follow Twitter Istana...

Rep: Esthi Maharani/ Red: Fernan Rahadi
Twitter
Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengikuti perkembangan zaman, termasuk hadirnya media sosial. Karena itu, dibuat akun Twitter dengan nama @istanarakyat.

Juru bicara presiden, Julian Aldrin Pasha membenarkan keberadaan akun tersebut. "Sekarang sudah ada Twitter dari istana @istanarakyat," katanya, Rabu (10/4). Ia mengatakan akun tersebut merupakan akun resmi yang dikelola oleh pihak istana.

Namun, tak hanya istana saja yang punya akun, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun sebentar lagi akan punya akun Twitter pribadi. "Dalam waktu dekat, bapak Presiden akan melauncing Twitter beliau. namanya akan kita ketahui pada saat beliau menyampaikan secara langsung dalam waktu yang tidak terlalu lama," katanya.

Nantinya, dua akun tersebut dikelola oleh tim khusus. Isinya pun tentang agenda dan hal-hal seputar istana, negara, dan kegiatan presiden. Bahkan, bukan tidak mungkin Presiden SBY sendiri yang akan merespon dan men-twit di akunnya. Terutama jika ada hal-hal penting yang perlu direspon atau bahkan pesan yang ingin disampaikan langsung oleh Presiden SBY.

"Tentu dengan tanda atau simbol tertentu yang memang menegaskan itu (twit) dikirimkan langsung oleh presiden," katanya.

Julian mengatakan tujuan pembuatan akun Twitter tak lain pemerintah pun mengikuti perkembangan media sosial dan teknologi belakangan ini. Twitter dianggap menjadi salah satu media sosial yang cukup berpengaruh luas kepada masyarakat. Menurutnya, media sosial bisa menyampaikan informasi secara lebih cepat disamping media konvensional. Karena itu pula Presiden SBY memutuskan memiliki akun sendiri.

Tak ada target followers untuk akun tersebut. Yang jelas, target utamanya adalah pesan atau hal-hal penting yang terjadi bisa tersampaikan secara cepat. Republika pun mencoba membuka akun tersebut. Ada dua akun dengan nama 'istana rakyat'. Pertama, 'istana untuk rakyat' dan 'real istana rakyat'.

Namun, akun yang telah diverifikasi adalah akun 'istana untuk rakyat'. Disebutkan, akun tersebut merupakan akun resmi istana kepresidenan Republik Indonesia. Pada pukul 18.30, jumlah tweet ada 64, sedangkan following 24, dan ada 5923 followers.

Berikut beberapa twit yang sudah ada di akun tersebut. "Lodeh dan Cendol untuk Presiden""Wah serunya panen kelapa di Istana, bagi-bagi dong pak :) suegerrr bgt ... ""Memulai hari dengan olahraga ... biar sehat :) "

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement