Rabu 10 Apr 2013 07:19 WIB

Ini Cara Sukabumi Memoles Wisatanya

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dewi Mardiani
Salah satu hasil produksi UKM (ilustrasi).
Foto: Antara
Salah satu hasil produksi UKM (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Pemerintah Kabupaten Sukabumi berupaya mendorong perkembangan usaha kecil dan menengah (UKM). Salah satunya dengan membangun gedung pusat promosi UKM yang diberi nama Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) di Kecamatan Cikembar.

‘’Gedung ini nantinya menjadi ajang promosi produk UKM Sukabumi,’’ ujar Kepala Dinas Koperasi, Perindustrian, Perdagangan dan Pasar (Diskoperindagsar) Kabupaten Sukabumi Asep Jafar.

Dengan produk UKM, maka Sukabumi akan semakin dikenal masyarakat terutama para wisatawan yang datang berkunjung. Terlebih, ujar Asep, keberadaan gedung PLUT berada di jalur utama lintasan menuju objek wisata Pantai Palabuhanratu. Para pengunjung dapat singgah dan membeli produk UKM ketika berlibur ke Palabuhanratu.

Menurut Asep, pembangunan gedung PLUT ini ditargetkan rampung pada 2013. Keberadaan gedung tersebut diharapkan mampu menampung sebagian produk UKM yang menjadi ciri khas Sukabumi.

Dari data Diskoperindagsar, sebanyak 27 ribu pelaku UKM yang ada di Sukabumi. Puluhan ribu UKM ini memerlukan bantuan promosi dan pemasaran untuk meningkatkan usahanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement