Rabu 10 Apr 2013 00:29 WIB

Orang Tua Berperan Penting Antisipasi Kejahatan Media Sosial

Rep: Wahyu Syahputra/ Red: Yudha Manggala P Putra
Media Sosial
Media Sosial

REPUBLIKA.CO.ID, SEMANGGI -- Peran orang tua dalam mengantisipasi maraknya kejahatan yang bermula dari media sosial internet sangat penting.

Pengamat Komunikasi Universitas Indonesia Devie Rahmawati mengatakan, dengan kesibukan orang tua mencari nafkah, sudah barang tentu kesempatan mereka berkomunikasi menjadi rendah.  ''Komunikasi antara orang tua dan anak terbatas,'' Kata Devie kepada Republika, Selasa (9/4)

Devie mengatakan, komunikasi bisa dipangkas dengan adanya teknologi, jarak menjadi dekat. Orang tua sebaiknya menyempatkan diri untuk "mengawasi" anak melalui medium teknologi juga.  ''Pengawasan dan kontrol orang tua penting, melihat maraknya komunikasi media sosial internet,'' kata Devie

Devi mecontohkan, ketika orang tua memiliki akun Facebook dan twiter, harus tersambung dengan akun anaknya masing-masing. Dengan terhubung dengan mereka, orang tua harus sensitif merespon status-status yang dipublikasikan anak. ''Selain itu secara reguler mengaudit teman-teman yang menjadi teman dalam akun Faceook sang anak,'' Kata Devie.

Menurut Devie, orang tua mengamati dan bila ada yang mencurigakan segera dilacak. Orang tua harus bersikap sebagai teman kepada anak. Agar anak juga merasa nyaman, tanpa sadar diawasi.

Selain itu, bila ada hal yang berpotensi negatif, jangan bereaksi terlalu keras, sehingga membuat anak kita menjadi tertutup misalnya membuat akun lain yang kita tidak ketahui.  ''Akhirnya malah membuat orang tua menjadi jauh dan kehilangan akses terhadap anak," kata Devie.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement