Senin 08 Apr 2013 03:17 WIB

Sulut: Ekspor Pala ke Afrika Hasilkan 235 Ribu Dolar

Buah Pala (ilustrasi)
Foto: wordpress.com
Buah Pala (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANADO -- Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) mengekspor biji pala ke Afrika, sebanyak 15 ton awal April 2013.

"Ekspor biji pala tersebut menghasilkan devisa sebesar 235.500 dolar Amerika, bagi Sulut," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulut Sanny Parengkuan, di Manado, Ahad (7/4).

Menurut Sanny besarnya devisa yang dihasilkan dari ekspor biji pala ke Benua Afrika tersebut, memberikan harapan, akan lebih banyak yang masuk ke daerah ini dari komoditi tersebut.

Menurut Sanny selain Afrika biji pala asal Sulut juga sangat diminati oleh negara-negara Eropa, seperti Belanda dan Jerman, serta Amerika Serikat dan dari Asia adalah Vietnam.

Sanny mengatakan, pala Sulut yang diekspor ke negara-negara di Eropa, Amerika, Afrika dan Asia tersebut sangat disukai masyarakatnya dan dimanfaatkan sebagai bumbu serta untuk campuran terapi.

"Semakin tingginya permintaan pala dari luar negeri menjadi kesempatan bagi petani daerah ini untuk meningkatkan produksinya, yang akan berimbas pada kesejahteraan petani," kata Sanny.

Kepala Bidang Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sulut Hanny Wajong mengatakan, pala Sulut merupakan komoditi dengan kualitas terbaik dunia saat ini. "Pala terbaik berasal dari Kabupaten Kepulauan Sitaro, ini kesempatan bagi petani untuk meningkatkan kesejahteraannya, dengan terus memperhatikan kualitasnya, baik biji maupun bunga pala," kata Hanny.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement