Kamis 04 Apr 2013 17:43 WIB

Ini Dia Buntut Langkanya Buah Impor

Rep: Aldian Wahyu Ramadhan/ Red: Dewi Mardiani
Seorang pedagang menata berbagai jenis buah impor (ilustrasi).
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Seorang pedagang menata berbagai jenis buah impor (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Sejak pemerintah mengencangkan keran impor holtikultura seperti sayuran dan buah, harga buah impor maupun lokal melonjak. Selain meroketnya harga, di beberapa tempat persediaan buah impor kosong melompong.

 

Para konsumen pun melakukan membuat sejumlah strategi menyikapi hal tersebut. Kelangkaan buah impor membuat konsumen memilih 'puasa buah'. Seorang konsumen Sri mengatakan, kenaikan harga buah impor membuatnya membeli buah di saat ada potongan harga. ‘’Diskon baru beli,’’ kata dia, Kamis (4/4) siang.

 

Terkait kelangkaan buah impor, diakuinya, membuat dia dan keluarganya memilih tak mengonsumsi buah. Dia tidak beralih ke buah lokal karena mutu atau kualitasnya tidak sepadan dengan buah luar negeri.

 

Dia berharap Indonesia bisa seperti Thailand yang memiliki kualitas buah lokal yang baik dan berkualitas. Dengan kualitas buah lokal yang bermutu, baru pembatasan buah impor akan berarti efektif.

 

Ketidakefektifan aturan pembatasan holtikultura seperti sayuran dan buah, kata Sri, karena kualitas produk lokal masih jauh dibandingkan produk impor. Karena itu peningkatan kualitas ini merupakan saran dia agar buah dalam negeri tidak dipandang sebelah mata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement