Rabu 03 Apr 2013 14:45 WIB

Priyo: Kemenangan DPD Buah Diplomasi Gudeg

Rep: Dyah Ratna Meta Novi/ Red: Mansyur Faqih
Priyo Budi Santoso
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Priyo Budi Santoso

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang menyamakan kedudukan DPD dengan DPR dalam pengajuan rancangan undang-undang merupakan puncak kulminasi perjuangan panjang para perwakilan daerah. Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso mengakui perjuangan anggota DPD sangat gigih. Ia menceritakan bagaimana Ketua DPD Irman Gusman mengajak makan gudeg di kantornya untuk mendukung usulan tersebut. 

"Beliau menyediakan gudeg di kantor saya, benar-benar gigih. Maka ini bisa disebut kemenangan diplomasi gudeg," katanya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (3/4).

Priyo menyatakan akan mematuhi keputusan MK. Ia pun meminta seluruh fraksi di DPR patuh dengan keputusan MK tersebut. Namun, ucapnya, putusan MK tersebut masih separuh dari yang diimpikan DPD. Mimpi besarnya tentu masih berlanjut. Meski pun saat ini DPD diberi kewenangan penuh dalam mengusulkan undang-undang yang berkaitan dengan masalah daerah, pemekaran daerah, dan sumber daya alam (SDA). 

Priyo pun meminta DPD untuk bersabar meski pun belum diberi kewenangan sebesar DPR untuk ikut melakukan ketok palu membuat keputusan. "Keputusan MK setidaknya bisa menjadi babak baru untuk menguji DPD apakah mampu meyakinkan banyak pihak termasuk DPR dan pengamat kalau langkah mereka benar," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement