Senin 01 Apr 2013 07:42 WIB

Sumsel Siap Bangun Sekolah Peternak Rakyat

Peternakan Sapi
Foto: disnak.jabarprov.go.id
Peternakan Sapi

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sumatera Selatan menjadi daerah pertama di Indonesia yang menyambut pendirian Sekolah Peternak Rakyat (SPR) yang digagas Institut Pertanian Bogor.

"Setelah gagasan itu kami tawarkan, betul Sumsel adalah daerah yang mengawali untuk meresponsnya," kata Prof Muladno, penggagas SPR, di Bogor, Jawa Barat, Senin.

Guru besar pemuliaan dan genetika ternak pada Fakultas Peterakan IPB itu menjelaskan bahwa komitmen pimpinan daerah di Sumsel tercermin dengan keinginan untuk membangun SPR. Pembangunan yang memang ditujukan bagi ketersediaan bibit maupun daging sapi di Indonesia dalam jangka panjang.

Tanggapan positif dari Sumsel itu tidak sekadar komitmen. Namun, hal tersebut diwujudkan dalam bentuk nyata yang didukung dengan alokasi anggaran bagi pembangunan SPR di daerah itu.

"Pada tahap awal, yakni pada tahun pertama Pemprov Sumsel telah mengalokasikan anggaran senilai Rp 2,5 miliar untuk SPR," katanya.

Muladno mengharapkan bahwa pada tahun kedua dan seterusnya, komitmen itu dapat berkesinambungan sehingga harapan untuk inisiasi yang pro-peternak dalam masa panjang dapat terwujud.

Pihaknya juga telah menyarankan bahwa alokasi anggaran pada tahun pertama tersebut benar-benar diperuntukkan bagi pembangunan fisik SPR.

"Dan bukan untuk penyediaan bibit ternak dahulu. Setelah sarana dan prasarana SPR terbentuk, barulah sampai pada tahapan bagi pembibitan," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement