Rabu 27 Mar 2013 05:12 WIB

Novel Laskar Pelangi Hadir dalam Bahasa Portugis

Sampul novel Laskar Pelangi edisi Amerika Serikat berbahasa Inggris dengan judul--The Rainbow Troops
Foto: www.coroflot.com
Sampul novel Laskar Pelangi edisi Amerika Serikat berbahasa Inggris dengan judul--The Rainbow Troops

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON---Novel Laskar Pelangi buah karya Andrea Hirata, yang laris terjual jutaan kopi di Indonesia dan telah diterbitkan di lebih dari 33 negara di dunia, akhirnya muncul dalam edisi Bahasa Portugis dengan judul "Os Guerreiros do Arco-Iris."

 

Novel itu resmi diluncurkan oleh penerbit independen terbesar di Portugal, Editorial Presena, melengkapi kisah sukses Andrea Hirata menulis tetralogi populer Laskar Pelangi di tanah air, demikian Pensosbud KBRI Lisbon, Tri Wahyuni. "This is just not about me and my work. It's about Indonesia," ujar Andrea Hirata, dalam acara temu muka penulis dengan masyarakat Indonesia.

Tri Wahyuni mengatakan acara yang dikemas dalam bentuk informal afternoon tea and dinner itu berlangsung interaktif dan hangat, Andrea menjelaskan banyak hal mengenai novelnya yang diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa itu salah satu tujuannya adalah mengangkat nama Indonesia.

Diakuinya jarang sekali penulis atau sastrawan dalam negeri yang punya kesempatan emas seperti dirinya, menembus pasar buku internasional. Menurut Andrea, yang menerima penghargaan dalam penyelenggaraan pameran terbesar ITB Berlin, harus ada agen internasional yang membantu menerbitkan, setidaknya dalam bahasa Inggris untuk pertama kali.

Ia beruntung Laskar Pelangi edisi Inggris, The Rainbow Troops, lolos ujian itu melalui bantuan penerbit Farrar Strasus and Giroux di New York. Selebihnya bergulir cepat, Laskar Pelangi sudah diterbitkan dalam banyak bahasa, termasuk Portugis, Turki dan Hungaria.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement