Ahad 24 Mar 2013 22:40 WIB

Cuaca Ekstrem, Warga Diminta Waspadai Penyakit

Cuaca Ekstrem/Ilustrasi
Foto: bmkg.go.id
Cuaca Ekstrem/Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAMBI -- Dinas Kesehatan Kota Jambi mengimbau agar warga di daerah itu mewaspadai penyakit saat kondisi cuaca ekstrem.

"Dengan kondisi cuaca di Jambi kadang panas tiba tiba hujan lebat berpotensi akan penyebaran penyakit. Untuk itu kami mengimbau warga waspada," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi, Polisman Sitanggang di Jambi, Minggu.

Menurut dia, salah satu penyakit yang perlu diwaspadai saat cuaca ekstrem adalah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Ia menjelaskan, cuaca ekstrem yang terjadi dapat menunjang terjadinya penumpukan nyamuk yang berpotensi meningkatkan risiko DBD.

Selain itu, kata dia, cuaca ekstrem juga dapat mempengaruhi kestabilan tubuh, sehingga mempermudah terjadinya penularan penyakit, khususnya pada anak-anak dan lanjut usia.

"Cuaca di Jambi saat ini tidak menentu. Tiba tiba hujan, tiba tiba panas. Itu sangat berpengaruh pada kondisi tubuh, apalagi anak anak dan lansia," katanya.

Untuk itu, warga diharapkan bisa betul betul menjaga kebersihan lingkungan. Sebab, dengan lingkungan yang bersih dan pola hidup sehat merupakan upaya paling ampuh untuk menghindarkan penyakit, khususnya DBD.

Dinas Kesehatan Kota Jambi juga telah mengimbau agar seluruh petugas kesehatan baik di puskesmas maupun pustu siaga dan terus menyosialisasikan akan kebersihan kepada masyarakat.

"Pusat pusat kesehatan sudah disiagakan, apalagi sejak bencana banjir di Kota Jambi beberapa waktu lalu. Kami imbau petugas siaga, mengingat masih ada sejumlah daerah yang tiba tiba terjadi banjir dan tentunya penyakit bisa saja menyerang warga," kata Polisman Sitanggang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement