Jumat 22 Mar 2013 23:36 WIB

Hari Air Sedunia, Mapala UI Gelar Gerakan Peduli Ciliwung

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Karta Raharja Ucu
 Peringatan  Hari Air Sedunia di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (22/3).  (Republika/Yasin Habibi)
Peringatan Hari Air Sedunia di kawasan Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (22/3). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Memperingati Hari Air Internasional 2013, Mahasiswa Pencinta Alam Universitas Indonesia (Mapala UI) melakukan gerakan peduli Ciliwung, Jumat (22/3).

"Tema tahun 2013 ini, mengusung Tahun Kerjasama Air Internasional," kata Maryati, Ketua Pelaksana Run Foriver Mapala UI di Kampus UI, Depok, Jumat (22/3).

Maryati menjelaskan tujuan kegiatan ini untuk mengkampanyekan gerakan 'Run FoRiver', gerakan bersama-sama untuk Ciliwung yang lebih baik. Sedikitnya 75 Mahasiswa ambil bagian dan bakal berlari menggunakan pita biru dan berkeliling lingkungan UI untuk menyebarlaskan semangat 'Run Foriver' dan kepedulian terhadap perairan.

Kegiatan berlari dari 'meeting point' di Rotunda UI menuju ke arah Perpustakaan UI itu dilaksanakan, Sabtu (23/3) pukul 06.00-09.00 WIB di Lingkungan UI. Gerakan Run FoRIver akan terus berlanjut hingga puncak kampanye Run Foriver pada 12 Mei 2013, dalam bentuk kompetisi lari dengan kategori 10 KM dan 21 KM.

"Diharapkan setiap elemen masyarakat dunia bersama-sama untuk memperbaiki kualitas air sungai Ciliwung demi perairan yang lebih baik," harap Maryati yang mengungkapkan bersama dengan unit-unit Kemahasiswaan yang ada di UI juga melakukan gerakan bersih-bersih sungai Ciliwung.

Tentu saja, lanjutnya, Mapala UI tidak dapat melakukan sendiri. "Suatu gerakan akan berjalan dengan baik apabila setiap bagian tumbuh bersama-sama melakukan hal tersebut. dengan melibatkan banyak unsur kemahasiswaan di UI dan berbagai pihak diiharapkan Gerakan 'Run Foriver' dapat mempengaruhi banyak orang," tutur Maryati menjelaskan.

Lebih jauh Maryati menerangkan kampanye peduli terhadap perairan bakal disimbolkan dengan pengumpulan tanda tangan, penyebaran 'flyer' kampanye, dan pin, serta pita berwarna biru.

"Pita berwarnabiru yang menandakan kepedulian terhadap perairan akan dibagikan kepada masyarakat yang terdapat di sekitar UI. Sekitar 75 orang mahasiswaakan ikut serta dalam kegiatan ini," terangnya. 

Setiap peserta, katanya, akan menyumbang satu bibit tanaman untuk ditanam dan diadopsi selama 10 triwulan di daerah Hulu sungai Ciliwung. Bibit tanaman tersebut akan ditanam Mapala UI bekerjasama dengan berbagai unit kemahasiswaan di UI pada Juni 2013 mendatang.

"Adapun diperkirakan sekitar dua ribu orang akan terlibat dalam kegiatan ini. Dengan demikian, terdapat 2.000 bibit tanaman yang akan ditanaman di Hulu Sungai Ciliwung," tegas Maryati.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement