Jumat 22 Mar 2013 22:30 WIB

Harga Cabai Rawit di Pasar Blok A Naik

Rep: Irfan Abdurrahmat/ Red: Djibril Muhammad
Pedagang  cabai di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (13/3).   (Republika/Aditya Pradana Putra)
Pedagang cabai di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (13/3). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID, FATMAWATI -- Harga cabe rawit di Pasar Blok A Fatmawati Jakarta Selatan naik. Dari pantauan Republika, Jumat (22/3), beberapa pedagang sayuran di Pasar Blok A sudah tiga hari ini mengakui adanya kenaikan harga cabai rawit.

Sulami, pedagang sayuran di Pasar Blok A mengatakan, kelangkaan barang dari pemasok mengakibatkan harga jual cabai rawit merah naik. Dia mengakui saat ini harga jual cabe rawit merah Rp 55 ribu per kilogram.

"Kemarin harga jual cabai rawit merah Rp 50 ribu per kilogramnya, dan hari ini sudah naik menjadi Rp 55 ribu per kilogramnya. Kenaikan ini sudah di mulai sejak tiga hari yang lalu," ungkap wanita berambut pendek ini.

Dia mengaku terpaksa menaikkan harga jual cabai rawit. Harga beli dari pemasok yang mencapai Rp 47 ribu per kilogram memicu Sulami menaikkan harga jual cabai rawit merah ini.

Untuk cabe rawit hijau, dia mengakui daya beli masyarakat masih tinggi. Meskipun terjadi kenaikan pada cabai rawit hijau ini, namun dengan harga jual Rp 26 ribu per kilogram banyak masyarakat yang lebih memilih cabai rawit hijau di bandingkan cabai rawit merah.

Begitu pun yang di alami Tarmin. Di lapaknya ini harga jual cabai rawit merah mencapai Rp 60 ribu per kilogram. Hal ini di akuinya sudah berlangsung sejak tiga hari yang lalu.

"Kalau pembelian sedang ramai biasanya saya menurunkan harga jual cabai rawit merah menjadi Rp 55 ribu per kilogram. Akan tetapi bila sepi pembeli dia mengakui tetap menjual cabai rawit merah dengan harga Rp 60 ribu per kilogram," ujar wanita paruh baya ini.

Tak banyak yang bisa Tarmin lakukan. Dia mengeluhkan tingginya harga beli dari pemasok yang menembus harga Rp 48 ribu per kilogramnya. Pemasok dari Pasar Cipete mengatakan langkanya cabai rawit merah ini menjadi penyebab terjadinya kenaikan harga.

Harga beli cabai rawit hijau saat ini Rp 22 ribu per kilogram. Hal ini memaksa Tarmin menjual cabai rawit hijau dengan harga Rp 27 ribu per kilogram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement