Jumat 22 Mar 2013 18:47 WIB

Harga Cabai Rawit Merah di Bekasi Rp 60 Ribu per Kilogram

Pedagang  cabai di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (13/3).   (Republika/Aditya Pradana Putra)
Pedagang cabai di Pasar Senen, Jakarta, Rabu (13/3). (Republika/Aditya Pradana Putra)

REPUBLIKA.CO.ID,BEKASI--Harga komoditi cabai rawit merah di sejumlah pasar tradisional Kota Bekasi, Jawa Barat, tembus ke harga Rp60 ribu per kilogram sejak sepekan terakhir.

"Kemarin baru harga bawang putih yang mulai turun walau sedikit, tapi sekarang gantian harga cabai rawit merah yang naik dari harga normal Rp 30 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogram," ujar Karni (41), pedagang sembako di Pasar Jatiasih, Jumat.

Menurut dia, harga cabai rawit hijau juga mengalami kenaikan dari Rp30 ribu menjadi Rp45 ribu per kilogram. Kenaikan harga komoditi tersebut, kata dia, turut menimbulkan penurunan jumlah pembeli akibat harga yang dirasa terlalu mahal.

"Jelas berkurang pembelinya, karena naiknya dua kali lipat dari harga normal. Pembeli juga komplain karena harga bahan baku msakan sekarang mahal-mahal," katanya.

Menurut pedagang lainnya, Emul (33), memperkirakan meningkatnya harga cabai diprediksikan akan terus berlangsung hingga April 2013 mendatang.

"Sejumlah daerah penghasil cabai saat ini sedang memulai musim tanam, sedangkan panennya baru pada Mei. Selama stok kosong ini, harga cabai akan terus meningkat atau minimal bertahan di harga sekarang," katanya.

Kondisi itu dikeluhkan Ningsih (30) warga Jatiasih yang mengaku sangat diberatkan dengan mahalnya harga cabai.

"Saya dagang nasi bungkus setiap hari untuk pesanan orang. Harganya terpaksa saya naikan Rp 1.000 per bungkus karena harus menutupi mahalnya harga bawang putih dan cabai," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement