Jumat 22 Mar 2013 12:41 WIB

Giliran Harga Cabai Rawit yang Merangkak Naik

Rep: Irfan Abdurrahmat (c10)/ Red: Nidia Zuraya
Cabai
Foto: dok republika
Cabai

REPUBLIKA.CO.ID, CIPUTAT -- Harga cabai rawit di Pasar Tradisional Ciputat Tangerang Selatan merangkak naik. Kenaikan ini berlaku pada cabai rawit merah dan hijau.

Dari pantauan ROL, Jumat (22/3), harga cabai rawit hijau naik berkisar Rp 10 ribu per kilogram (kg) dari harga sebelumnya. Untuk cabai rawit merah sendiri terjadi kenaikan Rp 20 ribu per kg.

Maryem, salah seorang pedagang cabai rawit di Pasar Ciputat mengatakan, sudah tiga hari ini harga cabai rawit mengalami kenaikan. "Harga cabai rawit merah saat ini Rp 50 ribu per kilo," kata wanita paruh baya ini.

Dia mengatakan, sebelumnya harga jual cabai rawit merah hanya Rp 30 ribu per kg. "Pihak pemasok yang menjual dengan harga tinggi menjadi pemicu kenaikan harga," ujar ibu berumur 55 tahun ini.

Maryem mengatakan, harga beli cabai rawit merah saat ini Rp 40 ribu per kg dari pemasok. Dia biasa membeli cabai rawit dari pemasok, yakni Pasar Induk Kramat Djati.

Dia tidak mengetahui mengapa harga cabai rawit bisa naik. "Pihak pemasok tidak memberikan alasan mengapa harga cabai rawit bisa naik, oleh karena itu saya sendiri bingung ketika banyak pembeli yang menanyakan mengapa harganya naik," kata Maryem.

Sama halnya dengan Sukiyem. Di lapaknya ini dia menjual cabai rawit merah Rp 50 ribu per kg. "Saya tidak tahu mau menjual berapa, harga belinya saja sudah Rp 40 ribu per kg. Makanya saya terpaksa menjual Rp 50 ribu per kilonya," ungkap wanita berkerudung ini.

Cabai rawit hijau di lapak Sukiyem dibandrol dengan harga Rp 30 ribu per kg. Dia mengakui kenaikan sebesar Rp 10 ribu per kg dari harga sebelumnya terjadi sejak tiga hari yang lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement