Kamis 21 Mar 2013 22:51 WIB

Angin Kencang Terjang Puluhan Rumah di Gorontalo

Angin kencang
Foto: hoboken411.com
Angin kencang

REPUBLIKA.CO.ID, GORONTALO -- Angin puting beliung menerjang puluhan rumah di tiga desa Kecamatan Tolangohula, Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis pukul 16.30 Wita.

Camat Tolangohula, Rita Idrus, mengatakan, angin kencang disertai dengan hujan deras menyebabkan kerusakan parah pada ratusan rumah penduduk dan fasilitas umum yang ada.

Seperti di Desa Margomulyo, sebanyak 10 rumah roboh, satu gedung sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) rusak berat, 95 rumah rusak ringan. Dan dua rumah di Desa Makmur Abadi mengalami rusak berat, serta 57 rumah lainnya rusak ringan.

Sementara di Desa Gandasari, beberapa pohon besar di ruas jalan utama, tumbang menutupi badan jalan, serta 10 rumah rusak berat dan 78 rumah rusak ringan.

Hingga informasi ini disampaikan, kata Rita, pemerintah kecamatan belum mendapatkan laporan adanya korban jiwa pada kejadian yang membuat panik warga di kecamatan itu.

"Kejadian angin puting beliung saat ini dinilai sangat menakutkan, sebab terjadi dalam selang waktu yang cukup lama serta menyebabkan ratusan rumah rusak parah dan ringan," Ungkap Rita.

Pemerintah kecamatan telah melaporkan kondisi tersebut pada pihak pemerintah kabupaten, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk penyaluran bantuan makanan dan obat-obatan kepada warga korban bencana.

Berbagai fasilitas pemerintahan seperti kantor desa dan camat, digunakan sebagai tempat penampungan sementara bagi warga yang mengungsi akibat rumahnya roboh maupun rusak berat dan ringan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement